Disbudpar TTU Kenalkan Obyek Wisata Lewat Festival Band | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Disbudpar TTU Kenalkan Obyek Wisata Lewat Festival Band


UNJUK KREATIVITAS. Grup Band Friendly asal Kota Kefamenanu menampilkan kebolehannya pada Festival Band Piala Bupati TTU V tahun 2020 yang digelar di Obyek Wisata Oeluan, Desa Bijeli, Kecamatan Noemuti, Jumat (21/8). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Disbudpar TTU Kenalkan Obyek Wisata Lewat Festival Band


Libatkan Grup Band se-Daratan Timor

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar Festival Band memperebutkan Piala Bupati TTU V tahun 2020. Festival ini dihelat di obyek Wisata Oeluan, Desa Bijeli, Kecamatan Noemuti, Jumat (21/8).

Ketua Panitia Festival Band, Johanis Naikofi kepada Timor Express, Jumat (21/8) mengatakan, festival ini merupakan ajang menumbuhkan kreativitas sekaligus promosi wisata. “Kegiatan Festival Band ini bertujuan memperkenalkan sekaligus mempromosikan sejumlah obyek wisata di Kabupaten TTU,” ungkap Johanis yang menyebutkan, festival ini berlangsung selama tiga hari. Dimulai Jumat (21/8) dan berakhir Minggu (23/8). Pesertanya merupakan kelompok/grup band se-daratan Timor.

Johanis menyebutkan, festival band ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun digelar melibatkan grup-grup band di wilayah TTU dan kabupaten lainnya di daratan Timor.

Johanis mengatakan, festival ini memperebutkan Piala Bupati TTU, piala tetap, dan dana pembinaan bagi para juara. Sementara, untuk piala bergilir saat ini ada di tangan grup band asal Kota Kupang yang tidak ikut berpartisipasi tahun ini karena pandemi Covid-19.

“Piala bergilir akan diperebutkan tahun depan setelah Covid berlalu. Tahun ini kita siapkan piala tetap dan hadiah uang tunai serta dana pembinaan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata TTU, Robertus Nahas, kepada Timor Express, Jumat (21/8) menyebutkan, ada belasan grup band dari berbagai wilayah di daratan Timor yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini mengusung tema “Melalui Festival Band Kita Bangun Kreativitas Generasi Muda dan Mempromosikan Obyek Wisata di Kabupaten TTU”.

“Festival band ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk mempromosikan sejumlah obyek wisata yang ada di daerah ini,” kata Robertus.

Menurut Robertus, penyelenggaraan festival band tersebut terbuka bagi semua grup band yang ada di daratan Timor. Namun, tahun ini keterlibatan grup band dari luar daerah dibatasi karena adanya pandemi Covid-19.

Robertus berharap, melalui Festival Band Piala Bupati TTU V tahun 2020 tersebut dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke TTU yang memiliki berbagai dampak terutama dapat mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

“Tahun ini karena pandemi Covid, kita selenggarakan sebatas di Kabupaten TTU dan ada beberapa grup band dari Kabupaten Belu yang ikut. Kita pilih Oeluan sebagai lokasi penyelenggaraan festival dengan maksud mempromosikan keberadaan obyek-obyek wisata yang ada di TTU,” jelasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top