Sebelum ke Kota Kupang, Ini Riwayat Perjalanan Pasien Covid-19 dari Malang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Sebelum ke Kota Kupang, Ini Riwayat Perjalanan Pasien Covid-19 dari Malang


Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

Sebelum ke Kota Kupang, Ini Riwayat Perjalanan Pasien Covid-19 dari Malang


Dinkes Kota Kupang Lakukan Pengambilan Swab Kontak Serumah dengan Pasien Positif

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kupang, drg. Retnowati menjelaskan riwayat perjalanan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang merupakan pelaku perjalanan dari Malang.

Menurut drg. Retnowati, pasien positif tersebut saat ini dirawat di RSUD Prof. Dr. W. Z Johannes Kupang. “Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 inii merupakan pelaku perjalanan dari Malang, dan singgah di Kota Kupang,” ungkap drg. Retnowati, saat diwawancarai di Balai Kota Kupang, Sabtu (22/8).

Dokter Retno mengatakan, pasien ini merupakan warga asal Flores Timur yang singgah ke Kota Kupang setelah menjalani proses pengobatan di Malang, Jawa Timur (Jatim).

Dokter Retno menyebutkan, sebelum terkonfirmasi positif Covid-19, pasien tersebut singgah di rumah keluarganya di Kelurahan Naimata.
“Pasien merupakan pelaku perjalanan dari Malang, karena sementara menjalani pengobatan di Malang dan dirawat disana kurang lebih satu bulan,” jelas drg. Retno.

Dikatakan, pasien tersebut berangkat ke Malang pada 16 Juli 2020 lalu untuk melakukan operasi, dan tinggal disana selama kurang lebih satu bulan.

BACA JUGA: Covid-19 Impor dari Malang Masuk Kupang, Ende Tambah Transmisi Lokal

Selanjutnya, pada 17 Agustus kembali ke Kota Kupang, lalu melakukan rapid test secara mandiri dan dinyatakan reaktif. Dua hari kemudian, pada 19 Agustus dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR di RSUD W. Z Johannes Kupang.

“Sesuai dengan catatan yang diberikan oleh RSUD W. Z. Johannes Kupang, pasien merupakan orang tanpa gejala batuk dan pilek. Ia juga telah menandatangani surat persetujuan isolasi mandiri,” kata drg. Retno.

Selanjutnya, sambung drg. Retno, pada 20 Agustus 2020, pasien dibawa ke RS Leona dengan keluhan mual, muntah, demam, muntah dan keluhan lainnya.

“Dan pada 21 Agustus pasien dinyatakan positif Covid-19, dan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Johannes untuk perawatan lebih lanjut,” katanya.

Dinkes Kota Kupang, tambah drg. Retnowati, hari ini (24/8) menjadwalkan pemeriksaan atau pengambilan sampel swab kepada kontak serumah dan juga tenaga medis di RS Leona yang menangani pasien. (mg25)

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Komentar

Berita lainnya

To Top