Polisi Timor Leste Amankan Raymundus Warga TTU, Begini Faktanya | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Polisi Timor Leste Amankan Raymundus Warga TTU, Begini Faktanya


PROSES DEPORTASI. KBRI Dili di Distric Oecusse, bersama Pihak Imigrasi, PNTL, UPF saat memproses deportasi WNI yang memasuki wilayah Timor Leste secara ilegal, Senin (25/8). (FOTO: KBRI FOR TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Polisi Timor Leste Amankan Raymundus Warga TTU, Begini Faktanya


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) asal Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi NTT diamankan Policia National Timor Leste (PNTL) di Nipasi, Desa Kutete, Distric Oecusse, Timor Leste, Minggu (23/8).

WNI yang diamankan Polisi Nasional Timor Leste itu adalah Raymundus Roi Taus, Warga Kelurahan Kefamenanu Utara, Kecamatan Kota Kefamenanu, TTU. Raymundus Diamankan lantaran memasuki wilayah negara Timor Leste secara ilegal.

Pejabat Kantor Penghubung KBRI Dili di Distrik Oecusse, Timor-Leste Marya Onny Silaban kepada Timor Express, Senin (24/8) mengatakan, warga Desa Kutete, Distrik Oecusse, Timor-Leste kembali menemukan seorang WNI yang melintasi batas negara RI-RDTL secara ilegal.

Raymundus yang diamankan warga negara tetangga itu langsung diserahkan ke PNTL untuk diinterogasi. Setelah itu, tim medis dari Satgas Covid-19 Oecusse ikut mendampingi untuk memastikan kondisi kesehatan warga TTU itu baik dan tidak terpapar Covid-19.

Dari hasil investigasi PNTL, WNI tersebut mengalami gangguan jiwa dan telah meninggalkan rumah sejak empat hari yang lalu. Sementara untuk hasil pemeriksaan kesehatan Satgas Covid-19 Oecusse, kondisi kesehatannya baik dan tidak memiliki gejala penyakit yang menyerupai gejala Covid-19.

“Kantor Penghubung melakukan pendampingan kepada WNI tersebut untuk memperoleh perlindungan di wilayah Timor-Leste dan dapat segera dipulangkan ke Indonesia,” kata Onny Silaban.

Menurut, Onny Silaban, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkab TTU untuk proses pemulangan terhadap Raymundus.

Onny Silaban mengatakan, pihak KBRI Dili di Distric Oecusse telah berkoordinasi dengan Komandan Imigrasi Pos Sacato Oecusse, polisi perbatasan (UPF) Oecusse dan aparat PNTL Oecusse, serta Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Wini (BNPP), Komandan Imigrasi, Karantina, Kapospol, Danki Satgas Pamtas (RI-TL) untuk memulangkan WNI ini ke wilayah Indonesia, melalui PLBN Wini.

“WNA ini kita sudah pulangkan melalui PLBN Wini. Ke depan KBRI akan berkoordinasi dengan Pemprov NTT untuk memperketat penjagaan di sepanjang garis perbatasan RI-RDTL,” katanya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top