Hasil Tracing, Dinkes Temukan 3 Orang Kontak dengan Mahasiswa FK Undana Positif Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Hasil Tracing, Dinkes Temukan 3 Orang Kontak dengan Mahasiswa FK Undana Positif Covid-19


Jubir Satgas Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Hasil Tracing, Dinkes Temukan 3 Orang Kontak dengan Mahasiswa FK Undana Positif Covid-19


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Juru Bicara (Jubir) Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji mengatakan, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Kupang saat ini berjumlah tiga kasus, dimana hari ini bertambah satu kasus baru dari pelaku perjalanan.

“Kasus terkonfirmasi positif ketiga ini merupakan seorang mahasiswi Fakultas Kedokteran Undana, yang baru kembali dari Mataram-NTB,” ungkap Ernest saat dikonfirmasi, Kamis (27/8).

Ernest menjelaskan, pasien terkonfirmasi positif ini sementara dirawat di Klinik Kedokteran Undana, dan kondisi saat ini pasien dalam keadaan sehat dan tidak ada gejala lain yang dirasakan.

“Jadi pasien terkonfirmasi positif ketiga di Kota Kupang ini baru saja kembali dari NTB yang merupakan tempat asal mahasiswi ini. Dia berangkat ke NTB pada 1 April, dan baru kembali ke Kota Kupang pada 19 Agustus kemarin,” ungkap Ernest.

Menurut Ernest, berdasarkan keterangan yang diperoleh dari pasien, selama di kampung halamannya di Lombok, NTB, pasien positif ini sempat mengalami gejala batuk dan pilek pada 3 Agustus, namun berangsur baik hingga sebelum berangkat ke Kupang.

BACA JUGA: Mahasiswa FK Undana Positif Covid-19, Rektor Keluarkan Edaran Ini

“Saat tiba di kota Kupang pasien sempat mengalami gejala batuk ringan namun sudah sembuh sampai sekarang. Tanggal 24 Agustus, pasien ini melakukan rapid test Mandiri di RS Leona, dan setelah melakukan pemeriksaan dianjurkan untuk pulang ke rumah dan menunggu hasil selanjutnya,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Ernest, tanggal 25 Agustus, pasien kembali ke RS Leona untuk mengambil hasil pemeriksaan dan hasilnya reaktif lalu dianjurkan untuk pemeriksaan RT-PCR.

“Pada tanggal 25 Agustus melakukan pengambilan swab di RSPP Undana dan menerima hasil keesokan harinya, dan pada tanggal 26 Agustus melakukan pengambilan swab kedua dan dikarantina hingga sekarang,” ungkapnya.

Dikatakan, pasien merupakan warga yang tinggal atau kos di Kelurahan Oesapa. Sampai saat ini, Satgas dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang telah melakukan tracing dan mendapatkan tiga orang yang melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini. Tiga orang ini merupakan kontak erat serumah di Lombok, NTB.

“Untuk 3 orang ini, mereka diminta untuk melakukan karantina mandiri,” kata Ernest yang menambahkan selama di Kupang, mahasiswi ini melakukan isolasi mandiri di kamar kost dan mengikuti proses perkuliahan secara online. “Jika keluar kamar selalu gunakan masker,” tambah Ernest.

Mengenai kontak selama perjalanan dari Lombok ke Kupang, menurut Ernest sementara dilakukan penyelidikan oleh tim epidemiologi dan tim tracing Dinkes Kota Kupang. (mg25)

Catatan Redaksi:

Judul berita ini mengalami koreksi atau revisi pada jumlah orang yang kontak erat dengan pasien positif. Sebelumnya tertulis 42 orang, yang benar adalah 3 orang. Kami memohon maaf atas kekeliruan ini. Terima kasih.

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top