Pendaftaran Cabup-cawabup Hanya 3 Hari, KPU Belu Minta Calon Perhatikan Hal Ini | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pendaftaran Cabup-cawabup Hanya 3 Hari, KPU Belu Minta Calon Perhatikan Hal Ini


Juru Bicara KPU Belu, Herlince Emiliana Asa (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

POLITIK

Pendaftaran Cabup-cawabup Hanya 3 Hari, KPU Belu Minta Calon Perhatikan Hal Ini


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu mengumumkan jadwal pendaftaran bagi pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati (Cabup-cawabup). Pendaftaran dibuka hanya tiga hari sehingga peserta Pilkada diingatkan untuk lebih awal menyiapkan dokumen syarat calon dan syarat pencalonan.

Juru Bicara KPU Belu, Herlince Emiliana Asa saat dikonfirmasi Kamis (27/8) menjelaskan, pihaknya sudah melakukan kesiapan untuk tahapan pendaftaran. Jadwal pengumuman pendaftaran mulai 28 Agustus hingga 3 September 2020. Selanjutanya pendaftaran dibuka 4 Sepetember hingga 6 September, dilanjutkan verivikasi administrasi dokumen syarat calon dan syarat pencalonan.

Herlince menjelaskan, untuk memudahkan komunikasi dengan tim penghubung bakal pasangan calon (Bapaslon) maka KPU membuka media center konsultasi. Media ini dibuka setiap hari agar memudahkan konsultasi kesiapan dokumen berkas syarat calon dan pencalonan.

Menurut Herlince, kesiapan dokumen jauh sebelumnya sangat diharapkan sehingga saat pendaftaran semua berkas sudah lengkap. Karena sebelumnya sudah dilakukan persiapan melalui ruang konsultasi yang dibuka KPU.

“Kita sudah siapkan media center. Kita buka ruang seluasnya silahkan datang untuk konsultasi. Selama ini sudah ada tim penghubung bakal calon yang sudah tiga atau empat kali datang untuk konsultasi,” katanya.

Herlince menuturkan, pihaknya juga kawatir bila jadwal pendaftaran yang disediakan ternyata ada berkas yang tidak lengkap tentunya KPU juga ikut disalahkan. Sehingga dokumen yang dibutuhkan sebaiknya disiapkan lebih awal karena ada dokumen yang harus diurus di luar daerah.

“Syarat seperti SKCK, LHKPN, informasi pajak perusahaan pailit harus disiapkan. Jangan sampai saat pendaftaran baru tahu, padahal ada dokumen yang harus diurus di luar daerah,” sebutnya.

Herlince merincikan, tahapan hingga penetapan dan kampanye calon dimulai dengan pengumuman pendaftaran 28 Agustus hingga 3 September, selanjutnya proses pendaftaran calon 4 September hingga 6 September.

Pengumuman dokumen calon 4 September hingga 8 September dan verifikasi syarat pencalonan mulai 4 September. Sedangkan verifikasi syarat calon 6 – 12 September.

Masa perbaikan 14 – 16 September, selanjutnya KPU melakukan verifikasi administrasi perbaikan, dan pada 23 September penetapan calon. Sehari kemudian, kata Herlince, yakni pada 24 September penarikan nomor urut, lalu memulai tahapan kampanye 26 September.

Terpisah Ketua Bawaslu Belu, Andreas Parera mengatakan terkait kesiapan pengawasan tahapan pendaftaran pasangan bakal calon, pihaknya sudah keluarkan surat imbauan untuk partai politik dan gabungan partai politik sebagai pengusung bakal calon.

“Kita akan melakukan pengawasan melekat untuk semua tahapan termasuk tahapan pendafaran ini. Kita sudah melakukan kesiapan pengawasan,” sebutnya.

Menurut Andreas, surat imbauan ini hanya untuk mengingatkan partai politik dan gabungan partai politik untuk memperhatikan persyaratan dokumen berupa syarat calon dan syarat pencalonan.

Selain itu, lanjutnya, memperhatikan batasan waktu pendaftaran seperti pendaftaran calon dihari pertama dan kedua pembukaan mulai pukul 08 hingga pukul 16.00 Wita. Sedangkan dihari ketiga atau terakhir dibuka pukul 08.00 hingga 24.00 Wita.

“Kita imbau untuk perhatikan semua dokumen dan harap supaya jangan datang daftar dihari terakhir. Kalau ada dokumen yang kurang tentu repot walaupun ada jadwal perbaikan tetapi sebaiknya daftar dari awal,” ujarnya.

Andreas menuturkan, untuk kelancaran tahapan Pilkada sejauh ini koordinasi antara KPU, Bawaslu, partai politik dan lainnya berlangsung lancar. “Kesiapan seperti sosialisasi atau rapat koordinasi terkait kesiapan pendaftaran juga sudah ada koordinasi dengan Kepolisian agar memperkuat tahapan pengawasan dan pengamanan,” pungkasnya. (mg33)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top