Armada Kurang, Kadis Damkar: Kita Kewalahan Atasi Kebakaran Waktu Bersamaan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Armada Kurang, Kadis Damkar: Kita Kewalahan Atasi Kebakaran Waktu Bersamaan


PADAMKAN API. Petugas Damkar Kota Kupang sigap melakukan pemadaman api di wilayah RT 26, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Senin (31/8). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Armada Kurang, Kadis Damkar: Kita Kewalahan Atasi Kebakaran Waktu Bersamaan


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Memasuki musim kemarau disertai angin kencang seperti sekarang ini sangat rawan terjadi kebakaran di Kota Kupang. Sejauh ini armada Pemadam Kebakaran (Damkar) masih belum ideal untuk mengakomodir wilayah Kota Kupang yang meliputi 51 Kelurahan di enam kecamatan ini.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Kadis Damkar) Kota Kupang, Mesakh R. Bailaen mengatakan, kekuatan armada damkar saat ini berjumlah tujuh unit. Terdiri dari tiga mobil pemadam dan empat mobil suplai.

Mesakh mengatakan, jumlah tersebut masih sangat kurang, apalagi jika ada peristiwa kebakaran yang terjadi dalam waktu yang bersamaan. Ini tentunya akan menyulitkan petugas pemadam itu sendiri.

“Kita kewalahan waktu kebakaran terjadi di waktu yang sama. Misalnya beberapa hari lalu itu tercatat sekitar tujuh titik terjadi kebakaran bersamaan,” kata Mesakh usai memantau langsung proses pemadaman api di sebuah lahan kosong di wilayah RT 26, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Senin (31/8).

Menurut Mesakh, idealnya disetiap kecamatan dibangun satu unit pelaksana teknis (UPT) damkar. Ini akan bisa mengatasi kalau ada kebakaran, apalagi luas wilayah dan perkembangan penduduk semakin bertambah di Kota Kupang.

“Kalau tambah armada berarti kita bicara anggaran. Kami masih kendala soal anggaran,” ungkapnya seraya berharap agar warga Kota Kupang ikut berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran, terutama di lahan-lahan kosong yang ditumbuhi rumput kering. (mg22)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top