Dinkop-UKM Kota Terima 2.000 Usulan Banpres, Ini Permintaan Kadis ke Lurah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dinkop-UKM Kota Terima 2.000 Usulan Banpres, Ini Permintaan Kadis ke Lurah


Kepala Dinas Koperasi-UKM Kota Kupang, Eben Ndapamerang. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Dinkop-UKM Kota Terima 2.000 Usulan Banpres, Ini Permintaan Kadis ke Lurah


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Menkop-UKM) untuk memberikan Bantuan Presiden (Banpres) atau bantuan langsung tunai (BLT) bagi pelaku UKM. Tujuannya untuk membantu memulihkan dan memajukan bisnis pelaku usaha di tengah pandemi Covid-19.

Wujud dari tindak lanjut Pemkot Kupang itu, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop-UKM) Kota Kupang langsung menginformasikan kepada semua lurah dan pelaku usaha, khususnya UKM untuk mengurus berbagai administrasi dan melengkapi segala persyaratan untuk mendapatkan BLT sebesar Rp 2,4 juta.

Kepala Dinas Koperasi-UKM Kota Kupang, Eben Ndapamerang menjelaskan, ada beberapa persyaratan yang telah diberikan bagi pelaku UKM agar bisa memperoleh bantuan ini.

Eben menyebutkan, persyaratan tersebut berupa nama lengkap, alamat, foto tempat usaha, kondisi usaha saat ini, apakah masih berjalan atau tutup, rekening bank/nomor rekening, saldo tabungan, data pinjaman jika ada, alamat tempat usaha, dan nomor handphone.

Eben menjelaskan, salah satu persyaratan yang dikeluarkan Dinas Koperasi UKM Kota Kupang, yaitu surat keterangan usaha. Karena lurah tentu lebih mengenal dan mengetahui jenis usaha warganya.

“Karena lurah yang lebih mengetahui tentang usaha warganya, dan lurah yang dapat memberikan surat keterangan usaha untuk mendukung data yang diberikan,” ujarnya di Kupang, Senin (31/8).

Eben menyebutkan, pihak Dinas Koperasi telah memberikan surat kepada semua lurah, agar memberikan surat keterangan usaha ini kepada warganya yang benar-benar memiliki usaha.

“Karena ada beberapa kejadian yang terjadi sehingga kita mengambil langkah ini untuk mencegah terjadinya penipuan. Pasalnya banyak pemohon yang memasukkan berkas kepada dinas namun setelah pengecekan lapangan, pemohon tidak memiliki usaha,” ujarnya.

Bagi pelaku UKM yang telah melengkapi semua persyaratan yang diberikan, kata Eben, silakan memasukkan berkas tersebut ke Dinas Koperasi UKM Kota Kupang maupun Dinas Koperasi Provinsi NTT.

“Saat ini Dinas Koperasi UKM Kota Kupang sudah menerima berkas hampir mencapai 2.000 lebih. Semuanya akan dikirim secara online ke Kementerian Koperasi untuk diverifikasi,” jelasnya.

Eben menambahkan, untuk bantuan langsung tunai bagi UKM ini, pemerintah pusat tidak menetapkan jumlah kuota untuk setiap daerah. Karena itu, lanjutnya, semua berkas yang masuk wajib dikirim ke pusat, nanti pemerintah pusat yang melakukan verifikasi. (mg25)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top