Resmi Sandang Bintang 2, Begini Ungkapan Perasaan Irjen Johni Asadoma | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Resmi Sandang Bintang 2, Begini Ungkapan Perasaan Irjen Johni Asadoma


BINTANG 2 DI PUNDAK. Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum. (FOTO: ISTIMEWA)

TOKOH

Resmi Sandang Bintang 2, Begini Ungkapan Perasaan Irjen Johni Asadoma


Dari Waka Polda NTT ke Kepala Divisi Hubinter Polri

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum resmi menyandang gelar bintang dua di pundaknya, Senin (31/8).

Mantan Waka Polda NTT ini dilantik Kapolri, Jenderal Pol. Drs Idham Azis, M.Hum, di aula Rupatama Mabes Polri bersama sejumlah perwira tinggi lainnya serta pelantikan beberapa Kapolda, termasuk Kapolda NTT yang dijabat oleh Irjen Pol. Lotharia Latif. Irjen Latif menggantikan posisi Irjen Pol. Drs. Hamidin yang dimutasi ke Mabes Polri.

Kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi ke Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi tertuang dalam keputusan Kapolri Nomor 74/Polri/tahun 2020 tanggal 28 Agustus 2020 tentang kenaikan pangkat ke dan dalam golongan perwira tinggi (Pati) Polri.

Kadiv Hubinter Polri, Irjen Pol. Johni Asadoma, usai pelantikan dan kenaikan pangkat melalui telepon selular mengaku bersyukur atas kenaikan pangkat ini.

“Saya tidak pernah menyangka bisa menyandang bintang dua. Selama ini saya bekerja dan mengabdi seperti air yang mengalir. Ini adalah kepercayaan dan tanggung jawab yang saya harus jalankan dengan baik,” ujar putra asli Nusa Kenari Alor ini, Senin (31/8).

Ia juga mengartikan kenaikan pangkat ini sebagai kebanggan bagi daerah NTT karena selama ini NTT selalu identik dengan daerah tertinggal.

“Jadi kebanggaan bagi kita masyarakat NTT karena saat ini ada dua putra NTT yang menduduki jabatan strategis di Polri,” tambahnya.

Selain Irjen Pol Drs Johni Asadoma, M.Hum, Kapolri juga melantik Irjen Pol Drs. Hery Nahak, M.Si, putra asli Belu yang juga mantan Asops Kapolri menjadi Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim).

BACA JUGA: Kapolri Idham Azis Lantik 8 Kapolda Baru, Ini Daftarnya

BACA JUGA: Naik Bintang Dua, Johni Asadoma Jabat Kadiv Hubinter Polri

Bagi Irjen Johni Asadoma, penunjukkan ini merupakan kepercayaan dan bukan tugas yang biasa.

“Saya pun kaget atas penunjukkan ini. Padahal ada banyak perwira tinggi Polri yang mampu. Saya menyukuri kepercayaan dan tanggung jawab ini dengan tekad ingin berbuat yang terbaik,” ujar mantan petinju nasional yang pernah memperkuat Indonesia di Olimpiade XXII di Los Angeles, Amerika Serikat tahun 1984 silam.

Setelah resmi bertugas di Hubinter Polri, Irjen Johni mulai melakukan penataan organisasi agar lebih baik sampai pada operasional dan pembinaan organisasi. Disisi lain, kerja maksimal dilakukan dengan baik.

Bagi mantan Waka Polda Sulawesi Utara ini, berdinas di Divhubinter Polri bukan hal baru. Enam tahun ia bertugas di divisi tersebut dengan mengemban berbagai jabatan mulai dari Kabag Liasion Officer dan Perbatasan, Kabag Kerjasama Pengembangan Kapasitas, hingga ditunjuk menjadi Kepala Biro Misi Internasional Divisi Hubinter Polri.

Pada 2017, Irjen Johni Asadoma dipercaya memimpin delegasi Indonesia ke Sudan dalam rangka diplomasi dengan Pemerintah Sudan dan PBB sebagai akibat permasalahan yang dialami pasukan Garuda Bhayangkara.

Irjen Johni Asadoma dipromosikan sebagai Kadiv Hubinter Polri menggantikan Irjen Pol Napoleon Bonaparte yang dicopot Kapolri Jenderal Pol Idham Azis karena skandal surat jalan buruonan kasus casie Bank Bali, Djoko Tjandra.

Promosi Johni Asadoma tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2076/VII/KEP/2020 tertanggal 17 Juli 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Surat diteken Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudho Himawan.

Untuk diketahui, Johni Asadoma merupakan perwira tinggi lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1989. Polisi yang akrab disapa Johni Asadoma ini berpengalaman di bidang Brigade Mobil (Brimob). (il/aln)

Komentar

Berita lainnya TOKOH

Populer

To Top