Pilkada 2020: PDIP Target Kemenangan 75 Persen, Golkar Target 6 Kabupaten | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pilkada 2020: PDIP Target Kemenangan 75 Persen, Golkar Target 6 Kabupaten


Ketua Umum DPD PDI Perjuangan NTT, Ir. Emelia J. Nomleni. (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

POLITIK

Pilkada 2020: PDIP Target Kemenangan 75 Persen, Golkar Target 6 Kabupaten


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Perhelatan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak di sembilan kabupaten di NTT mulai memanas usai penentapan dukungan dari masing-masing pantai politik (Parpol). Arah dukungan paslon dengan dukungan dari parpol koalisi juga mulai terbuka dengan melangsungkan deklarasi di semua daerah.

Sesuai jadwal tahapan pemilihan, pasangan calon akan mendaftar diri ke KPU kabupaten yang dilangsungkan selama tiga hari, pada tanggal 4 – 6 September 2020.

Dengan komposisi koalisi parpol dan animo dukungan masing-masing pasangan calon, sejumlah Parpol menargetkan kemenangan di sejumlah daerah.

Ketua DPD PDI Perjuangan NTT, Emelia J. Nomleni mengatakan, partainya sudah menetapkan semua pasangan calon di 9 kabupaten di NTT oleh Puan Maharani, Ketua DPR RI dan dihadiri Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri.

“Sebenarnya pengumuman pertama itu sudah dua paslon untuk dua Kabupaten Manggarai Barat dan Sumba Timur sedangkan gelombang keduanya ditetapkan tujuh paslon tersisa jadi untuk paslon kita sudah final,” katanya kemarin (31/8).

Terkait persiapan, politikus asal TTS ini menyebut selalu siap disepanjang waktu, tidak hanya pengumuman saja. Pihaknya terus melakukan berbagai upaya konsolidasi dengan pengurus dan anggota partai agar tetap solid.

Diakui, hampir disemua kabupaten partai berlambang kepala banteng ini berkoalisi dengan Partai Gerindra. Selain partai yang diketuai Prabowo Subianto itu, PDIP juga berkoalisi dibeberapa Kabupaten dengan Partai Hanura dan Perindo.

“Dengan kekuatan dukungan ini, kami meyakini akan menang 75 hingga 80 persen. Tapi ini realistis. Bahkan kami bisa menang di semua kabupaten,” ungkapnya.

Emelia menyebutkan, dari dukungan yang diberikan kepada para pasangan calon itu, tidak semuanya diberikan kepada kader PDI Perjuangan sendiri. “Ada beberapa pasangan yang PDI Perjuangan memberikan memberikan dukungan,” kata sosok yang akrab disapa Mama Emy ini.

Menurutnya, Ini adalah pertandingan dan ini akan membuktikan konsulidasi yang dibangun.

“Saya selalu sampaikan bahwa berapa pun biaya yang dikeluarkan untuk ongkos politik tetapi kita tidak dalam sebuah kesatuan gerak solid, maka akan sulit. Solid ini tidak ada maka sama juga dengan bermimpi tentang kemenangan namun kemenangan itu tidak akan diraih,” tandas tokoh perempuan yang juga Ketua DPRD NTT ini.

Sementara itu, Ketua DPD I Partai Golkar NTT, Emanuel Melkiades Lakalena ketika dikonfirmasi TIMEXKUPANG.com, Senin (31/8) mengatakan, partai Golkar telah menetapkan semua pasangan calon di sembilan kabupaten penyelenggara pemilu.

Dari paslon yang ditetapkan kata anggota DPR RI itu, telah melewati tahapan seleksi yang ketat serta melihat track recort dan dukungan masyarakat kepada paslon yang diusung melalui survei dari internal partai.

Melki mengaku persiapan menghadapi jadwal pendaftaran, paslon yang didukung sudah siap semuanya karena berkas persyaratan sudah diberikan. “Paslon di sembilan Pilkada sudah diputuskan dan SK plus B 1 KWK sudah diberikan untuk didaftarkan saat pendaftaran di KPU nanti,” katanya.

Untuk komposisi koalisi parpol, kata Melki, Golkar koalisi merata dengan PDIP, Nasdem, Gerindra, PKB, Hanura, dan parpol lainnya. “Dengan kekuatan kami ini Golkar target menang di 6 Pilkada di NTT,” tandasnya.

Terpisah, Ketua DPD Gerindra NTT, Esthon Foenay membenarkan bahwa komposisi koalisi dukungan untuk paslon di sembilan kabupaten paling banyak berkoalisi dengan PDI Perjuangan.

“Untuk persiapan sudah mantap dan siap mengawal hingga akhir dengan target kemenangan. Besok saya akan sampaikan nama-nama paslon yang diusung,” singkat mantan Wakil Gubernur NTT itu. (mg29)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top