Satu Lagi Pasien Positif Covid-19 di Kota Kupang, Pelaku Perjalanan dari Surabaya | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Satu Lagi Pasien Positif Covid-19 di Kota Kupang, Pelaku Perjalanan dari Surabaya


Kadis Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Satu Lagi Pasien Positif Covid-19 di Kota Kupang, Pelaku Perjalanan dari Surabaya


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati menyebutkan ada satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di kota ini. Pasien tersebut merupakan pelaku perjalanan dari Kota Surabaya, Jawa Timur yang baru selesai berobat, dan saat ini sementara dirawat di RSUD Prof. Dr. W. Z Johannes Kupang.

“Pasien ini kembali ke Kota Kupang pada 27 Agustus, dan tanggal 28 Agustus langsung dirawat di RSUD W. Z. Johannes Kupang sehingga kontaknya dengan orang lain tidak banyak. Namun saat ini masih dilakukan tracing oleh tim,” ujarnya kemarin (31/8).

Menurut drg. Retnowati, saat kembali dari Kota Surabaya, pasien menunjukan gejala dan langsung dibawa ke RSUD W. Z. Johannes. Setelah diambil sampel swab dan diperiksa, hasilnya dinyatakan terkonfirmasi positif. Pasien tersebut langsung dirawat di ruang isolasi.

“Kami terus berkoordinasi dengan KKP untuk melakukan sekresi pada kontak pasien terkonfirmasi ini,” ujarnya.

Selain itu, kata drg. Retno, ada satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Alor, dan Pemkab Alor telah mengonfirmasi Dinas Kesehatan Kota Kupang, bahwa pasien tersebut merupakan pelaku perjalanan dari Kota Kupang.

BACA JUGA: Hasil Tracing, Dinkes Temukan 3 Orang Kontak dengan Mahasiswa FK Undana Positif Covid-19

“Jadi pasti untuk konfirmasi positif berdasarkan dialog kami, pasien tersebut datang ke Kota Kupang pada 1 Agustus karena orang tuanya meninggal. Tanggal 13 Agustus dia kembali ke Alor dan muncul gejala pada 25 Agustus dan langsung dilakukan pengambilan swab oleh tim di Alor, dan tanggal 29 pasien tersebut dinyatakan positif,” jelas drg. Retno.

Menindaklanjuti hal tersebut, kata drg. Retno, Pemkab Alor mengonfirmasi Pemkot Kupang dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk melakukan tracing terhadap siapa saja yang berkontak dengan pasien tersebut selama di Kupang.

Dokter Retno mengaku, setelah menerima informasi itu, pihaknya langsung melakukan tracing, dan hasilnya menemukan 11 orang yang berkontak dengan pasien tersebut.

“Dalam waktu dekat Dinas Kesehatan akan melakukan pengambilan sampel swab untuk ke-11 orang yang telah melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Alor tersebut,” ujarnya.

Sementara untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang merupakan pelaku perjalanan dari Lombok, NTB, yakni mahasiswi Fakultas Kedokteran Undana, sejauh ini hanya menemukan tiga kontak erat. Dan tiga orang tersebut telah diambil sampel swab-nya, dan sementara menunggu hasilnya. (mg25)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top