Hari Pertama Pendaftaran, Ini Nama 12 Paslon Kada yang Diterima KPU | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Hari Pertama Pendaftaran, Ini Nama 12 Paslon Kada yang Diterima KPU


ILUSTRASI. Pilkada 2020. (JawaPos.com)

POLITIK

Hari Pertama Pendaftaran, Ini Nama 12 Paslon Kada yang Diterima KPU


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Tahapan pendaftaran pasangan calon (Paslon) kepala daerah (Kada) untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 nanti telah berlangsung kemarin (4/9). Di NTT, dari sembilan kabupaten penyelenggara Pilkada, tercatat sebanyak 12 paslon mendaftar di hari pertama. Sesuai agenda, pendaftaran calon hanya berlangsung selama tiga hari, yakni tanggal 4 – 6 September 2020.

Melihat durasi waktu yang singkat, para calon kepala daerah di 9 kabupaten penyelenggara pemilu ramai-ramai mendaftar setelah mendapat dukungan dari partai politik maupun pasangan calon perseorangan.

Untuk hari pertama, terdapat 12 paket calon yang mendaftar. Paslon tersebut tersebar di 7 Kabupaten, minus 2 kabupaten, yakni Kabupaten Belu dan Manggarai.

Ketua KPU NTT, Thomas Dohu kepada Timor Express, kemarin (4/9) menyebutkan, tujuh kabupaten yang menerima berkas paslon yakni Kabupaten Manggarai Barat 1 paslon, Ngada (4 paslon), Sumba Barat (2 paslon), Sumba Timur (1 paslon), TTU (1 paslon), Malaka (1 paslon), dan kabupaten Sabu Raijua 2 paslon.

“Hari ini kita sudah menerima pendaftaran dan untuk hari pertama ini terdapat 12 paslon yang mendaftar. Statusnya sementara ini diterima uuntuk diteliti lebih lanjut syarat pencalonanya,” katanya.

Thomas merincikan, untuk Kabupaten Malaka, paslon yang mendaftar Stefanus Bria Seran-Wandelinus Taolin (SBS-WT) diusung partai Golkar, Nasdem, Demokrat dan partai Hanura. Kabupaten Manggarai Barat yang mendaftar paslon Adrianus Garu-Anggalinus Gapul (AG) yang diusung partai PAN dan Hanura.

Sedangkan Kabupaten Ngada, paslon Wilfridus Muga-Herman Say (Firman) merupakan paslon perseorangan. Paslon Paulus Soliwoa-Gregorius Upi Dheo (PAS-GOD) yang diusung partai Nasdem dan Demokrat. Lalu paslon Kristoforus Loko-Emanuel Dopo (CREDO) diusung PAN dan Hanura. Sementara paslon terakhir yang mendaftar Helmut Waso-Yohanes Tay (HEBAT) diusung PDIP dan Perindo.

“Paslon perseorangan melampirkan berkas syarat dukungan sebanyak 10.746 yang tersebar di 12 Kecamatan dari batas minimal 10.743 dukungan. Baru satu pasangan yang mendaftar,” ujarnya.

Kabupaten Sabu Raijua yang mendaftar Nikodemus Rihi Heke-Yohanis Ully Kale (2M) diusung PKB dan Nasdem. Paslon Orient Riwu Kore-Thobias Uly (IE RAI) diusung PDIP, Demokrat dam Gerindra.

Lalu Kabupaten Sumba Barat terdapag dua paslon masing-masing Agustinus Niga Dapawole-Gregorius H.B.L Pandango (NIGA ORIS) diusung Gerindra, Nasdem, dan PAN serta paslon Marthen Ngailu Toni-Agustinus Bernadus Bora (TONI AGUS) diusung PDIP.

Untuk Kabupaten Sumba Timur, paslon Kristofel Praing-David Melo Wadu (SEHATI) diusung Partai PDIP, Nasdem, PAN, Hanura dan Demokdat. Sedangkan Kabupaten TTU, paslon yang mendaftar Hendrikus Frengky Saunoah-Amandus Nahas (FRESH) diusung PDIP, Hanura, Berkarya, Demokrat, Perindo, PKS, dan PAN.

“KPU Kabupaten masing-masing setelah menerima berkas akan diteliti dan dengan waktu yang tersisa tetap menunggu paket lain yang mendaftar,” tandas Thomas. (mg29)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top