Daftar Ikut Pilkada Manggarai, Deno Kamelus: Sekarang Bukan Bicara Perubahan tapi Kemajuan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Daftar Ikut Pilkada Manggarai, Deno Kamelus: Sekarang Bukan Bicara  Perubahan tapi Kemajuan


DAFTAR. Paslon Deno-Madur didampingi istri dan pengurus partai pengusung serta pendukung saat memasuki halaman kantor KPU Manggarai, Minggu (6/9) siang. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

POLITIK

Daftar Ikut Pilkada Manggarai, Deno Kamelus: Sekarang Bukan Bicara  Perubahan tapi Kemajuan


Koalisi Manggarai Maju

RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Kontestan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Manggarai diperkirakan hanya diikuti dua pasangan calon (Paslon). Jika kemarin (5/9), KPU setempat menerima pendaftaran paslon Herybertus Nabit-Heribertus Ngabut (Hery-Heri), hari ini (6/9), dihari terakhir pendaftaran giliran paslon Deno Kamelus-Viktor Madur (Paket Deno-Madur) yang datang ke KPU menyerahkan berkas persyaratannya.

“Dari sebaran partai, semuanya sudah mengusung kedua paslon. Juga yang sering berkomunikasi dengan KPU hanya dua paslon ini,” ujar Ketua KPU Manggarai, Thomas A. Hartono, kepada TIMEXKUPANG.com di KPU Manggarai usai kegiatan pendaftaran paket Deno-Madur, Minggu (6/9) petang.

Hartono memastikan tidak ada bakal calon perseorangan. Namun menurutnya, sesuai regulasi yang ada, setelah KPU menerima dokumen pendaftaran dari paslon Deno-Madur di hari terakhir dari jadwal yang ada, pihaknya tetap membuka pendaftaran hingga pukul 00.00 Wita. Sementara sesuai jadwal, penetapan paslon baru berlangsung pada 23 September 2020.

“Untuk dokumen syarat calon dan pencalonan dari paslon Deno-Madur, semuanya dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat. Tahap selanjutnya, paslon yang ada mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang,” kata Hartono.

Dikatakanya, dari syarat pencalonan, paslon Deno-Madur diusung tiga partai dengan jumlah 13 kursi DPRD. Masing-masing, Partai NasDem (5 kursi, PAN (5 kursi), dan Partai Demokrat (3 kursi).

Sementara itu, balon Bupati paket Deno-Madur, Deno Kamelus, mengatakan Pilkada ini bagian dari pembangunan politik. Sehingga mestinya harus ada kemajuan dalam pelaksanaan Pilkada. Antara lain kalau saja pelaksanaan Pilkada tahun 2015 berlangsung aman, maka Pilkada tahun 2020 harus lebih nyaman.

“Kalau 2015 kita damai, maka sekarang kita harus lebih damai. Sehingga damai dan nyaman ini, sangat tergantung pada kami-kami yang bakal calon ini. Kami dari paket Deno-Madur bertekad untuk bagaimana memenangkan sebuah pertarungan di Pilkada secara cerdas,” ujar Deno didampingi balon Wakil Bupati, Viktor Madur

Deno berharap semua yang terlibat dalam proses Pilkada ini harus mengutamakan kedamaian. Ini merupakan bagian dari upaya memberikan pendidikan politik yang baik kepada warga. Paket Deno-Madur yang merupakan paslon petahana juga menyatakan siap untuk mematuhi setiap peraturan yang dikeluarkan penyelenggara Pilkada.

Sebut saja mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 pada setiap proses, seperti kedepannya kegiatan sosialiasi atau kampanye terbatas.

“Sekarang bukan bicara soal perubahan, tapi bicara kemajuan. Perubahan sudah banyak kok. Jalan-jalan sudah sampai ke kampung, listrik juga sudah masuk ke desa. Itu semua perubahan. Sekarang lebih maju lagi, bagaimana listrik itu bagaimana tidak lagi pendekatan desa, tapi pendekatan keluarga,” tegas Deno yang menamakan koalisi mereka sebagai “Koalisi Manggarai Maju”. “Karena Manggarai kenyataanya sudah maju,” sambungnya.

Jika ada kandidat lain yang menyinggung soal ruas jalan Ruteng-Iteng, Deno tegaskan bahwa dua tahun lalu ruas jalan itu statusnya adalah jalan provinsi. Tahun 2019 baru diserahkan ke kabupaten. Sehingga Pemerintah sudah anggarkan hampir Rp 9 miliar di tahun 2020 untuk dibangun.

“Tapi biasa ditahun politik, itu sengaja dimainkan terus. Kalau kita bangun, pasti dibilang ini karena Pilkada. Saya mau katakan, kalau kita mau jadi calon pemimpin harus jujur,” tegasnya.

Terpantau, paslon Deno-Madur tiba di kantor KPU Manggarai sekira pukul 14.30 Wita. Paslon ini didamping istri dan pengurus partai pengusung serta tim pemenang. Sebelum ke KPU, paket Deno-Madur menggelar deklarasi di halaman rumah adat, Gendang Mena, Kelurahan Bangka Tuke, Kecamatan Langke Rembong.

Setelah itu mereka menuju kantor KPU diantar ribuan pendukung, menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Namun di KPU, hanya 30 orang diizinkan masuk. Dijaga ketat aparat polisi dan TNI. Pendaftaran paket Deno-Madur, diterima langsung Ketua KPU Hartono bersama anggota KPU. Hadir juga Komisioner Bawaslu Mangarai. (Krf3)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top