Diarak Ribuan Pendukung, Sahabat Jalan Kaki Daftar di KPU | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Diarak Ribuan Pendukung, Sahabat Jalan Kaki Daftar di KPU


JALAN KAKI. Balon Bupati-Wakil Bupati, Willy Lay-J. T Ose Luan bersama masa pendukung berjalan kaki dari perempatan Gerbades melintasi tanjakan menuju KPU Belu, Minggu (6/9). (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

POLITIK

Diarak Ribuan Pendukung, Sahabat Jalan Kaki Daftar di KPU


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Ribuan massa pendukung dan simpatisan mengantar pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Belu, Willy Lay-J. T. Ose Luan (Paket Sahabat) untuk mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belu, Minggu (6/9).

Massa yang menumpang kendaraan roda dua dan empat bergerak dari kampung Haliren, kediaman bakal calon bupati Willy Lay. Massa berarakan melintasi Kota Atambua melintasi sejumlah rute menuju kantor KPU Belu. Aktifitas lalulintas dalam kota sempat macet karena massa yang melakukan perarakan dalam jumlah banyak.

Menariknya, saat mendekati kantor KPU tepatnya di perempatan tugu Gerbades, kedua bakal pasangan bersama ribuan pendukung bergegas turun dari mobil dan berjalan kaki sekitar 500 meter melintasi tanjakan menuju kantor KPU.

Paket Sahabat bersama pendukungnya tiba di kantor KPU Belu sekira pukul 14.10 Wita. Setelah melalui proses pemeriksaan untuk penerapan protokol kesehatan, pasangan ini diizinkan masuk dengan jumlah pengusung/pendukung sebanyak 75 orang. Pihak KPU membatasi jumlah orang mengingat kondisi halaman yang terbatas.

Paslon Willy Lay-J. T. Ose Luan bersama pengurus enam partai pengusung dan dua orang tim penghubung diterima Ketua dan anggota KPU Belu. Selanjutnya dokumen berkas persyaratan didisinfeksi.

Ketua KPU Belu, Mikhael Nahak menyampaikan terima kasih kepada paket Sahabat yang sudah mengambil bagian dalam proses demokrasi Pilkada serentak 9 Desember 2020.

Ia menjelaskan proses pendaftaran merupakan kelanjutan dari proses pencalonan. Syarat pendafataran diterima apabila dokunen syarat calon dinyatakan lengkap. Keabsahan syarat calon nanti setelah dilakukan verivikasi dan ada masa perbaikan.

Sedangkan syarat pencalonan wajib lengkap dan sah. Apabila tidak lengkap syarat pencalonan dengan status ditolak dan berkasnya tidak dikembalikan. “Dan hanya bisa dilengkapi dalam masa penerimaan pendaftaran selama tiga hari ini terhitung sejak 4 – 6 september,” kata Mikhael.

Hingga berita ini diturunkan KPU sedang melakukan pemeriksaan dokumen syarat pencalonan terhadap enam partai pengusung paket Sahabat. Untuk diketahui, paslon Willy Lay-J. T. Ose Luan diusug enam parpol dengan jumlah 16 kursi DPRD Belu yakni Partai Demokrat, Hanura, PDIP, Gerindra, PAN, dan PPP. (mg33)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top