39 Warga Noemuti Terserang Muntaber, 22 Orang Jalani Perawatan Medis | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

39 Warga Noemuti Terserang Muntaber, 22 Orang Jalani Perawatan Medis


Kepala Dinas Kesehatan TTU, Thomas Laka (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

39 Warga Noemuti Terserang Muntaber, 22 Orang Jalani Perawatan Medis


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 39 orang warga Desa Kiuola, Kecamatan Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) mengalami gangguan pencernaan yang mengakibatkan mual dan muntah diikuti buang air besar tidak beraturan atau yang lazim dikenal dengan istilah muntaber, Sabtu (5/9) lalu.

Sesuai data yang dihimpun Timor Express dari Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Selasa (8/9) menyebutkan, dari 39 warga yang terserang wabah muntaber tersebut, 22 orang harus menjalani perawatan di Puskesmas Noemuti, sedangkan 17 warga lainnya melakukan perawatan mandiri di rumah.

Kepala Dinas Kesehatan TTU, Thomas Laka kepada Timor Express, Selasa (8/9) membenarkan adanya kasus muntaber yang terjadi di Noemuti itu.

Dikatakan, tim medis dari Puskesmas Noemuti melakukan penanganan tanggap darurat kepada sejumlah pasien tersebut dengan baik. “Benar, ada 39 warga Desa Kiuola yang menderita penyakit muntaber dan sudah ditangani oleh Tim Medis Puskesmas Noemuti,” ungkap Thomas.

Terkait penyebab kejadian, Thomas mengaku sedang didalami tim medis dengan melakukan uji laboratorium terhadap sejumlah sampel.

Thomas berharap, masyarakat TTU dapat menjaga pola hidup bersih dan sehat sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran wabah muntaber.

“Yang dicurigai saat ini penyebab muntaber itu dari air yang selama ini digunakan untuk makan dan minum, namun kita masih menunggu hasil uji lab,” jelasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top