Semarakkan HUT Ke-75 TNI-AL, Lanal Pulau Rote Gelar Baksos | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Semarakkan HUT Ke-75 TNI-AL, Lanal Pulau Rote Gelar Baksos


LEPAS TUKIK. Danlanal Pulau Rote, Letkol laut (P) Anis Latif (kiri) saat melepas Tukik di Pantai Tanjung, Desa Papela, Kecamatan Rote Timur, Selasa (8/9). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Semarakkan HUT Ke-75 TNI-AL, Lanal Pulau Rote Gelar Baksos


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL), yang jatuh pada 10 September 2020, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Pulau Rote, Letkol Laut (P) Anis Latif, S.E., M.Tr.Hanla., MM, melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial (Baksos).

Dimulai dari kegiatan membersihkan pantai, pemeriksaan dan pengobatan kesehatan secara gratis, hingga melepas-liarkan ratusan ekor tukik/penyu. Kegiatan tersebut dipusatkan di Pos Angkatan Laut (Posal) Papela, Kecamatan Rote Timur, Selasa (8/9).

Rangkaian kegiatan itu, melibatkan seluruh Pejabat Utama (PJU) di tubuh Lanal Pulau Rote. Diantaranya Danden Pomal, Kapten Laut (PM) Teguh Yulianto, PgS Palaksa, Kapten Mar Abdulrohman, Paspotmar Lettu Laut (P) Wahyudi, KA BP Letda Laut (K) Wayan Agus Candra, Kasatbek Letda Laut (S) Joko Warsito, Paset Letda Laut (P) Nur Rahman, dan Pasops Letda Laut (P) Sugianto.

Selain para PJU tersebut, pengurus cabang 4 Korcab VII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II, juga turut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan di Pantai Tanjung, Desa Papela, Kecamatan Rote Timur.

Sebagai wujud meningkatkan solidaritas, turut diundang juga Koramil 1627-02 Papela, Kapten Inf Suparmin dan Kapolsek Rote Timur, IPDA Daniel Bessie. Mereka berbaur bersama masyarakat dalam aksi membersihkan pantai.

Satu persatu sampah yang beragam jenis itu, baik sampah organik, sampah plastik, karet, juga kertas. Dengan menggunakan karung, sampah-sampah itu dipungut dan dikumpulkan. Kemudian ditimbun pada tempat yang disediakan.

Kegiatan ‘pungut’ sampah itu selain menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan pantai, juga untuk menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan.

Danlanal Pulau Rote, Letkol laut (P) Anis Latif, dalam kesempatan itu mengajak semua pihak bahu-membahu menjaga kebersihan pantai. Pantai yang bersih, menurutnya, bisa menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung, yang kemudian berdampak langsung pada peningkatan penghasilan masyarakat sekitar.

“Mari, bersama-sama kita membersihkan pantai, untuk menjaga keasrian lingkungan kita, agar menarik bagi orang lain,” ajak Danlanal Pulau Rote, Anis Latif, dalam sambutanya, saat membuka kegiatan di Posal Papela, Selasa (8/9).

Kabupaten Rote Ndao, kata Danlanal, dikenal dengan begitu banyaknya potensi wisata yang dimiliki. Untuk itu, pihaknya terus mendorong kelompok-kelompok masyarakat, serta pihak lain agar meningkatkan rasa memiliki dan peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Penjabat Kepala Desa (Pj. Kades) Papela, Kecamatan Rote Timur, H Sugiarto FA Azhari, mengapresiasi aksi sosial yang dilakukan Lanal Rote di wilayahnya. Dukungan dalam bentuk memfasilitasi masyarakat, kata Kades Sugiarto, selalu diberikan, agar keasrian lingkungan pantai tetap terjaga.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, Pemerintah desa tentu sangat mendukung, untuk menjaga keasrian pantai,” kata H. Sugiarto FA Azhari, saat dikonfirmasi Timor Express usai kegiatan.

Selepas memungut sampah, dilanjutkan dengan melepas-liarkan tukik ke laut. Ratusan ekor tukik yang dilepas itu, diperoleh dari penangkaran Camar Laut, yang berkedudukan di Desa Siomeda, Kecamatan Rote Tengah.

Penjabat Kepala Desa Siomeda, Jefri Ballo, S.Pd, mengakui bahwa, tukik yang dilepas merupakan bentuk kerja sama untuk mengampanyekan konservasi alam demi kelangsungan hidup penyu.

“Ini bentuk kerja sama yang baik untuk kelangsungan hidup penyu,” kata Jefri Ballo saat dihubungi via telepon.

Pelepasan ratusan Tukik, dipimpin langsung Danlanal Pulau Rote, Letkol Laut (P) Anis Latif. Tukik-tukik itu dilepas secara bersama-sama dengan Koramil 1627-02 Papela, dan Kapolsek Rote Timur, Ipda Daniel Bessie

Tak ketinggalan, masyarakat sekitar juga melibatkan diri, dengan mengambil tukik untuk dilepaskan ke laut. Dengan harapan, kelak nanti pantai Tanjung menjadi eko wisata.

Masih dalam peringatan HUT TNI-AL, pelayanan kesehatan yang tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis, juga dilakukan dalam rangkaian kegiatan tersebut. Sebanyak tujuh orang tenaga medis disiagakan untuk memeriksa kesehatan warga.

Tenaga medis terdiri dari seorang dokter dari Lanal sendiri, yaitu Letda Laut (K) dr. Wayan Agus Candra Swastika. Sedangkan dari Puskesmas Eahun, Kecamatan Rote Timur, dipimpin langsung Kepala Puskesmas, Welhelmus F. L. Henuk, A.Md.Kep, bersama lima orang perawat.

Sebanyak 50 warga dusun Tanjung, mendapat pelayanan kesehatan. Dari hasil pemeriksaan, diketahui paling banyak warga menderita penyakit hipertensi.

Sehingga melalui hasil diagnosa yang diperoleh, masing-masing warga juga diberi obat sesuai dengan jenis penyakit yang diderita.

Semua rangkaian kegiatan, dilakukan dengan menerapkan protoko kesehatan melawan Covid-19. Baik penyelenggara dan undangan, semuanya mengenakan masker. (mg32)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top