TTS Terbanyak Akses Banpres, Dana untuk 4.162 Orang Telah Cair | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

TTS Terbanyak Akses Banpres, Dana untuk 4.162 Orang Telah Cair


Kepala Diskoperindag TTS, Frits Tobo. (FOTO: YOPI TAPENU/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

TTS Terbanyak Akses Banpres, Dana untuk 4.162 Orang Telah Cair


SOE, TIMEXKUPANG.com-Demi menyuport para pengusaha kategori Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pemerintah pusat menyediakan dana stimulan berupa bantuan presiden (Banpres).

Di NTT, untuk sementara Kabupaten TTS terbanyak mengakses dana tersebut. Sesuai data yang di-upload oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskoperindag) tertanggal 28 Agustus 2020, jumlah masyarakat TTS yang diusulkan menerima Banpres produktif itu sebanyak 13.807 orang.

Data tersebut masih akan bertambah, karena sejak akhir Agustus hingga awal September, Diskoperindag TTS masih terus meng-upload data calon penerima dana Banpres tersebut. “Kalau informasi di grup, untuk sementara TTS tercatat sebagai Kabupaten yang terbanyak mengusulkan masyarakat sebagai calon penerima Banpres,” ungkap Kepala Dinas (Kadis) Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan TTS, Frits Tobo saat ditemui Timor Express di ruang kerjanya, Senin (7/9).

Frits mengatakan, sesuai data yang telah di-upload, pada akhir Agustus lalu Kementrian Koperasi telah mentransfer dana bantuan itu ke 4.162 penerima yang dinyatakan lolos verifikasi. Sementara 1001 masyarakat TTS yang mengisi formulir dan diusulkan untuk memperoleh Banpres tersebut, setelah dilakukan ferivikasi oleh Kementrian Koperasi, diketahui tidak memenuhi syarat sebagai penerima.

Mereka yang namanya diusulkan namun tak memenuhi syarat itu terbentur pada dana Nomor Induk KTP tidak valid. Sebagian lagi, diketahui memiliki pinjaman uang diperbankan. “Ada juga yang data dobel. Yang layak dan lolos ferivikasi, dana sudah cair pada tanggal 28 Agustus lalu senilai Rp 2.400.000 per orang,” beber Frits.

Karena 4.162 masyarakat telah memperoleh dana Banpres tersebut, maka saat ini diketahui lebih kurang uang senilai Rp 9,8 miliar beredar di TTS.

Dana yang akan beredar di TTS pada September ini, kata Frits akan lebih besar, karena masyarakat yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi, namun belum memperoleh transfer dana dari Kementerian Koperasi lebih kurang 8.000an orang.

Dengan adanya bantuan dana itu, Frits berharap para pelaku UMKM di TTS yang tadinya mengalami kesulitan modal akibat Covid-19, dapat memanfaatkan dana itu untuk kembali mengembangkan usaha yang dimiliki.
Frits mengimbau masyarakat yang sudah dinyatakan lolos verifikasi administrasi, namun belum memperoleh transfer dana untuk tidak panik, karena pemerintah pusat mentransfer dana itu ke penerima secara bertahap. “Makanya ada yang sudah dapat dan ada yang belum, karena memang dananya ditransfer secara bertahap,” terang dia.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui dirinya memperoleh dana tersebut atau tidak, kata Frits, dapat dicek langsung ke Bank yang diisi pada formulir permohonan atau dapat dicek ke petugas Diskoperindag TTS.

Bagi masyarakat yang telah memperoleh pencairan dana, dapat langsung berkoordinasi dengan perbankan yang ada untuk dapat membuka blokir yang ada, agar dana dapat dicairkan. “Pengusulan sudah tutup sejak satu minggu lalu,” pungkas Frits. (yop)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top