Bacabup Positif Covid-19, Hal ini yang Dilakukan Gugus Tugas | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bacabup Positif Covid-19, Hal ini yang Dilakukan Gugus Tugas


ILUSTRASI. Suasana pemeriksaan kesehatan paslon Bupati-Wakil Bupati di IGD RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, Selasa (8/9). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Bacabup Positif Covid-19, Hal ini yang Dilakukan Gugus Tugas


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Setelah mengetahui salah satu bakal calon bupati (Bacabup) terpapar Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), tim Gugus Tugas, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Ngada, Dinkes Kota Kupang, dan Dinkes Provinsi NTT langsung bergerak cepat melakukan tracking.

Proses tracking dilakukan terhadap para keluarga, kerabat, dan para pendukung yang sempat kontak dengan pasien positif Covid-19 tersebut, baik di Ngada maupun Kota Kupang.

“Bagi masyarakat yang sempat bertemu dengan para pasien positif Covid-19 segera melakukan pemeriksaan swab agar memastikan bebas dari virus korona,” ujar Kepala Dinkes NTT, dr. Mese Ataupah ketika dikonfirmasi TIMEXKUPANG.com, Rabu (8/9).

DDokter Mese menjelaskan, untuk sementara diketahui, pasien positif covid-19 asal Ngada ini merupakan pelaku perjalanan dari Jakarta. “Yang bersangkutan baru pulang dari Jakarta. Ia sebelumnya sering bolak-balik Jakarta untuk kepentingan koordinasi dengan urusan politiknya,” ujar Memantan Kadis Sosial NTT itu.

Sekretaris Dinkes NTT, David Mandala, menambahkan upaya traking terhadap keluarga dan pendukung bacabup ini, menjelaskan bahwa Dinkes Ngada sedang melakukan upaya trecking di Ngada dan Dinkes Kota melakukan tracking di Kota Kupang.

Pasien positif Covid-19 ini diketahui sudah berada di Kupang sejak dua hari sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan.

BACA JUGA: Satu Balon Bupati Asal Ngada Terkonfirmasi Positif Covid-19

“Sesuai dengan protap, kita saling membantu jadi di Ngada juga dilakukan, kota dan provinsi juga ada upaya tracking,” katanya.

David menyebutkan, tren kasus Covid-19 di NTT mengalami peningkatan, yakni bertambah sebanyak empat kasus, masing-masing Kota Kupang dua orang dan Sumba Timur dua orang.

“Kasus di Kota Kupang, satunya merupakan pelaku perjalanan dari Jakarta, satunya transmisi lokal. Sedangkan Sumba Timur, satu kasus diketahui berhubungan erat dengan pelaku perjalanan dari Surabaya dan satu lagi pelaku perjalanan dari Madiun,” jelasnya.

Selain kasus positif baru, terdapat satu orang pasien positif yang menjalani perawatan intensif di Sumba Timur meninggal dunia sehingga jumlahnya bertambah menjadi 4 orang. Rinciannya dua kasus pasien Covid-19 meninggal di Kota Kupang, dan masing-masing satu orang di Manggarai dan Sumba Timur.

Dengan pertambahan kasus baru tersebut, kata David, hingga saat ini di NTT tercatat sudah 213 kasus positif, sembuh 170 orang dan masih menjalani perawatan 39 orang. “Kepada masyarakat diharapkan tetap menaati protokol kesehatan agar bisa terhindar dari penularan penyakit ini,” ungkap David. (mg29)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top