PLN Menstimulasi Kinerja dan Hasil Pertanian | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

PLN Menstimulasi Kinerja dan Hasil Pertanian


(ILUSTRASI)

Advetorial

PLN Menstimulasi Kinerja dan Hasil Pertanian


SURABAYA, TIMEX KUPANG.com – Tidak hanya dunia usaha, sektor pertanian pun mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Itu disebabkan persebaran virus SARS-CoV-2 juga memukul sektor pertanian. Di Jawa Timur (Jatim), PLN akan mengaliri sentra-sentra pertanian unggulan. Itu menjadi upaya untuk meningkatkan kinerja petani dan hasil bumi.

Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Madiun Daniel Lestanto menyatakan bahwa total luas sawah di areanya sekitar 104.000 hektare. Kawasan seluas 32 persen dari total area itu, menurut dia, telah teraliri listrik PLN. Dengan demikian, masih ada sekitar 69.000 hektare sawah yang mengandalkan diesel.

”Yang itu menjadi peluang bagi PLN untuk memperluas program listrik pada sektor pertanian,” papar Daniel kemarin (8/9).

Salah satu program PLN guna mendukung sektor pertanian adalah program LISSA untuk petani yang diselenggarakan PLN UP3 Madiun sejak 2019. ”Yang harus diperhatikan, penyambungan jaringan baru merupakan tanggung jawab PLN. Masyarakat sebaiknya waspada terhadap oknum yang meminta bayaran,” pesannya.

Selain mendistribusikan listrik, PLN juga bekerja sama dengan BRI untuk memperkuat modal petani. ”Harapan kami, ada dukungan dari Kementerian Pertanian. Karena program kami yang lain, yaitu LISDES, sudah didukung penuh oleh Kementerian ESDM,” urainya.

Sementara itu, PLN juga mendukung sektor pertanian di Banyuwangi yang komoditas utamanya adalah buah naga. Manajer UP3 Banyuwangi Krisantus mengatakan bahwa saat ini produksi buah naga terbanyak terdapat di Kecamatan Jajag. Namun, program kelistrikan itu mencakup tujuh kecamatan di Banyuwangi.

”Berkat penyinaran, omzet yang dihasilkan berlipat ganda. Dulunya Rp 179 juta, sekarang bisa Rp 764 juta. Petani dengan lahan 1 hektare saja diperkirakan mampu meraih omzet sebesar Rp 943 juta per tahun,” ulasnya. (res/c6/hep/jpg/rum)

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Komentar

Berita lainnya Advetorial

Populer

To Top