Dalam 2 Pekan Terakhir, 10 Kasus Baru Covid-19 Muncul di Kota Kupang, 1 Meninggal | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dalam 2 Pekan Terakhir, 10 Kasus Baru Covid-19 Muncul di Kota Kupang, 1 Meninggal


Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Dalam 2 Pekan Terakhir, 10 Kasus Baru Covid-19 Muncul di Kota Kupang, 1 Meninggal


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kota Kupang kembali menerima kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang merupakan pelaku perjalanan dari Jakarta. Dengan bertambahnya satu pasien positif Covid-19 ini, maka hingga Kamis (10/9), total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 naik menjadi 10 pasien. Satu diantaranya meninggal dunia pekan lalu. Pasien meninggal itu berusia 60 tahun dan tercatat sebagai warga Kelurahan Oesapa Barat, yang sempat menjalani perawatan di RSUD S. K. Lerik Kupang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati, saat diwawancarai di kantor DPRD Kota Kupang, Kamis (10/9) menjelaskan, tambahan pasien terkonfirmasi Covid-19 ini sementara dirawat di S. K. Lerik Kupang. Pasien ini baru pulang dari Jakarta menghadiri keponakan yang menikah di ibukota.

Retnowati menyebutkan, pasien terkonfirmasi positif ini pulang dari Jakarta pada 29 Agustus, dan tanggal 1 September mengalami keluhan diare dan diperiksa di RS Siloam.

Selanjutnya, pada 5 September kembali dengan keluhan diare ke RS Siloam dan dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif. Orang ini langsung dirujuk ke RSUD S. K. Lerik sampai saat ini.

Sebelumnya, drg. Retnowati mengatakan, setelah hampir sebulan Kota Kupang lepas dari kasus Covid-19, tiba-tiba muncul lagi kasus baru. Hanya dalam dua pekan terakhir, angka pertambahan pasien positif mencapai 10 kasus. Dari jumlah ini, satu pasien meninggal dunia, dan satu pasiennya dinyatakan sembuh pada Kamis (10/9).

Dengan demikian kata drg. Retno, saat ini jumlah pasien di Kota Kupang yang dalam perawatan berjumlah delapan orang.

Para pasien ini sementara dalam proses perawatan di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, RS Tentara Wira Sakti Kupang, dan RSUD S. K. Lerik.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pananggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Sri Wahyuningsih, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (8/9) menjelaskan, salah satu pasien terkonfirmasi Covid-19 adalah Bakal Calon Bupati (Bacabup) Ngada, KL yang saat ini dirawat di RST Wira Sakti Kupang.

“Dinas Kesehatan juga telah melakukan tracing kontak erat dengan pasien ini, dan ditemukan empat orang. Mereka sudah dilakukan pengambilan swab,” ujarnya.

Sri Wahyuningsih menjelaskan, untuk kasus berikutnya merupakan orang yang melakukan kontak erat dengan pasien yang sebelumnya terkonfirmasi Positif Covid-19, yang merupakan anak dari pasien tersebut.

“Jadi dia yang merawat ibunya saat sakit, setelah di-tracing dan dilakukan pengambilan swab, hasilnya positif Covid-19 dan saat ini dirawat di RST Wira Sakti. Pasien ini berdomisili di Kelurahan Nunleu sementara ibunya yang sebelumnya terkonfirmasi positif berdomisili di Kelurahan Oesapa,” ujarnya.

Untuk pasien ini, Dinas Kesehatan terus melakukan penelusuran kontak, dan jika sudah selesai maka akan segera dilakukan pengambilan swab.
Jumlah NTT

Bila merujuk data Pusdalops NTT, hingga Kamis (10/9), jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 diseluruh Bumi Flobamora sebanyak 215 kasus. Dari jumlah ini yang masih dirawat sebanyak 40 orang, sedangkan yang sembuh sudah mencapai 171 orang. Total pasien meninggal sebanyak empat orang, yakni di Kota Kupang (2 orang meninggal), dan masing-masing satu orang di Manggarai dan Sumba Timur.

Hari ini (10/9), terjadi penambahan dua kasus positif Covid-19 baru di NTT. Terdiri dari satu orang pelaku perjalalan dari Jakarta, dan satu orang pelaku perjalanan dari Surabaya ke Sumba Timur. Hari ini juga ada seorang pasien sembuh di Kota Kupang, yakni pelaku perjalan dari Kota Surabaya. (mg25/aln)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top