Kekeringan Mulai Melanda TTS, Kodim 1621-TTS Distribusi Air Bersih | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kekeringan Mulai Melanda TTS, Kodim 1621-TTS Distribusi Air Bersih


DISTRIBUSI AIR. Prajurit TNI Kodim 1621/TTS mendistribusikan air bersih kepada warga Desa Toikola, Selasa (8/9). (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Kekeringan Mulai Melanda TTS, Kodim 1621-TTS Distribusi Air Bersih


SOE, TIMEXKUPANG.com-Wilayah selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) nampaknya membetuhkan perhatian ekstra dari pemerintah setempat. Bagaimana tidak, dikala musim hujan daerah itu mengalami banjir, namun ketika memasuki musim kemarau seperti saat ini, daerah tersebut malah kesulitan air bersih.

Beruntung, prajurit TNI selaku pengawal wilayah teritorial menjaga NKRI tidak hanya fokus pada tugas pokoknya, melainkan ikut berpikir juga bertindak menanggulangi persoalan sosial yang dialami masyarakat. Seperti yang terjadi di Desa Toikola, Kecamatan Amanuban Selatan, pada Selasa (8/9), TNI menggunakan truk tangkinya menyalurkan air bersih ke masyarakat di sana yang mulai kesulitan air bersih.

Dandim 1621/TTS, Letkol CZI Koerniawan Pramulyo kepada wartawan di SoE, kemarin (10/9) mengatakan, pihaknya merasa prihatin dengan kondisi yang dialami warga di sana yang kesulitan air bersih.

Letkol CZI Koerniawan pun memutuskan mendistribusikan air bersih kepada warga di sana. Sesuai hasil identifikasi yang dilakukan pihaknya, diketahui bahwa memasuki musim kemarau seperti saat ini, beberapa sumber air yang selama ini dijadikan warga untuk pemenuhan kebutuhan air mulai mengalami kekurangan debit. Akibatnya, sumber-sumber air yang ada di sana tidak mampu lagi untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di sana. “Debit-debit air di desa itu mulai turun, sehingga masyarakat di sana mulai kesulitan air bersih,” tutur Koerniawan.

Lebih lanjut dikatakan mantan pasukan Paspampres itu bahwa, sesungguhnya kesulitan air bersih tidak hanya terjadi di Desa Toikola, namun di beberapa desa lainnya di Kecamatan Amanuban Selatan juga mengalami persoalan serupa.

Dandim Koerniawan memutuskan untuk sementara waktu truk tangki yang dimiliki Kodim 1621/TTS dikirim ke Koramil 1621-05/Panite, agar dapat dimanfaatkan mendistribusikan air bersih di wilayah Kecamatan Amanuban Selatan yang mengalami keaulitan air bersih. “Kalau ada masyarakat di wilayah Kecamatan Amanuban Selatan mengeluh kekurangan air bersih, kami siap untuk mendistribusikan,” tuturnya.

Koerniawan menambahkan, pendistribusian air yang dilakukan pihaknya sifatnya hanya sementara dan jumlahnya tentu tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di sana. Maka dari itu, tentu ke depan perlu dipikirkan bersama agar persoalan air bersih yang dialami warga di sana, ke depan tidak lagi terjadi setiap tahunnya.

“Warga nampaknya benar-benar kesulitan air bersih, sehingga mobil tangki kami begitu sampai, warga berbondong-bondong datang antri untuk ambil air,” pungkas Koerniawan. (yop)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top