Pastikan Pilkada TTU Aman, Kapolda NTT Sambangi Polres dan KPU | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pastikan Pilkada TTU Aman, Kapolda NTT Sambangi Polres dan KPU


Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif (tengah) didampingi Kapolres dan Dandim 1618/TTU saat mengunjungi KPU TTU guna memastikan kesiapan pelaksanaan Pilkada TTU 2020, Kamis (10/9). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

POLITIK

Pastikan Pilkada TTU Aman, Kapolda NTT Sambangi Polres dan KPU


Ajak Prajurit TNI-Polri Perangi Virus Korona

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif mengunjungi wilayah hukum Polres Timor Tengah Utara (TTU), Kamis (10/9). Kunjungan kerja perdana Jenderal Polisi bintang dua itu dalam rangka mengecek kesiapan pelaksanaan pengamanan Pilkada di wilayah tersebut.

Terpantau Timor Express, dalam kunjungan kerja itu, Irjen Lotharia memimpin apel kesadaran penggunaan masker yang dilaksanakan di halaman Mapolres TTU. Ikut dalam apel itu unsur TNI. Usai apel, Irjen Lotharia membagikan masker kepada sejumlah perwakilan peserta apel.

Irjen Lotharia kepada Timor Express usai apel itu mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya memerangi virus korona di tubuh Polri dan TNI, serta mengajak para peserta apel untuk menjadi promoter dalam mencegah penyebaran virus korona dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dikatakan, sebelum mengunjungi TTU, dirinya bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke wilayah Polres Malaka. Sehingga, kunjungan kerja yang sama pula dilakukan ke wilayah Polres TTU.

Menurut Lotharia, pihaknya telah mendapatkan gambaran umum terkait situasi politik di TTU serta kesiapan dari pihak penyelenggara baik itu KPU maupun Bawaslu yang disampaikan oleh Kapolres, Dandim, dan pemerintah daerah.

“Mudah-mudahan dengan kesiapan-kesiapan yang sudah dilakukan selama ini dapat dilaksanakan dengan baik untuk terciptanya Pilkada yang aman, damai, lancar, sukses, sehingga terpilih pemimpin yang amanah atau pemimpin yang baik untuk masyarakat TTU,” ujar pengganti Irjen Hamidin yang belum sebulan bertugas di NTT ini.

Irjen Lotharia menjelaskan, saat ini, Kabupaten TTU sudah tidak masuk sebagai salah satu daerah dengan status zona merah pelaksanaan Pilkada. Meski demikian, pihaknya tetap fokus pengamanan Pilkada sesuai prioritas yang ada.

Irjen Lotharia mengatakan, dirinya juga sudah meminta ke Bupati TTU untuk dapat menjaga kondusifitas wilayah, karena pesta demokrasi harus dilaksanakan dengan senang dan gembira.

“Yang paling utama menurut saya adalah bagaimana sinergitas dan kebersamaan seluruh unsur pelaksana baik itu KPU, Bawaslu, kemudian seluruh pasangan calon untuk sama-sama berkomitmen menjaga Pilkada ini berjalan dengan aman dan damai supaya jangan ada konflik, apalagi mengarah kepada hal-hal yang tidak kita inginkan,” tegasnua.

Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka menyampaikan terima kasih kepada Kapolda NTT bersama rombongan yang sudah mendatangi kantor KPU untuk mendukung pihak penyelenggara dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada TTU 2020.

Dikatakan, selama ini pihaknya terus bekerjasama dengan aparat keamanan baik itu pihak kepolisian maupun TNI dalam melakukan pengamanan terhadap pelaksanaan setiap tahapan Pilkada.

Pihaknya juga meminta dukungan dan kerja sama yang baik terutama Pihak penyelenggara dan aparat keamanan serta seluruh masyarakat TTU untuk menjaga keamanan selama tahapan Pilkada berlangsung.

“Semoga kerja sama antara pihak penyelenggara dengan pihak keamanan yang selama ini sudah berjalan baik dapat ditingkatkan sehingga proses Pilkada berjalan aman dan damai,” harap Paulinus. (mg26)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top