Satu Lagi Warga TTU Positif Covid-19, Bupati: Masyarakat Jangan Cemas | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Satu Lagi Warga TTU Positif Covid-19, Bupati: Masyarakat Jangan Cemas


Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes. (FOTO: Istimewa)

KABAR FLOBAMORATA

Satu Lagi Warga TTU Positif Covid-19, Bupati: Masyarakat Jangan Cemas


Saat Ini Dirawat di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) kembali zona merah setelah salah satu warga terkonfirmasi positif Covid-19 hasil pemeriksaan sampel swab di Laboratorium Bio Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. Bahkan surat keterangan hasil laboratorium ini sampai beredar luas di jagad media sosial baik itu facebook maupun group WhatsApp (WA).

Bupati TTU yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten TTU, Raymundus Sau Fernandes kepada sejumlah awak media, di Kefamenanu, Jumat (11/9) membenarkan informasi tersebut. Raymundus mengatakan, pihaknya telah mendapatkan pemberitahuan dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT yang menyatakan salah satu warganya terkonfirmasi positif Covid-19.

“Pasien yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut saat ini sedang ditangani tim medis di Kupang,” ungkap Raymundus.

Sementara, untuk keluarga, baik istri dan anak-anak dari pasien positif Covid-19 itu, kata Raymundus, sudah berada di Kota Kupang untuk menjalani pemeriksaan guna memastikan ķondisi kesehatan mereka apakah sudah terpapar atau negatif Covid-19.

“Kita sudah dapat informasi dari Tim Gugus Tugas Provinsi. Pasien tersebut sudah ditangani tim medis di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. Keluarga, baik itu istri dan anak pun sudah diperiksa tim medis,” jelas Raymundus.

Raymundus menjelaskan, sesuai informasi yang diperoleh dari Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT, pasien positif Covid-19 warga TTU ini diduga tertular di Jakarta lantaran pasien tersebut lebih kurang selama satu setengah bulan terakhir berada di Jakarta.

Raymundus menyebutkan, pasien tersebut selama lebih kurang 45 hari berada di Ibu Kota Negara guna melakukan pengurusan surat keputusan (SK) terkait dengan dukungan partai politik untuk maju dalam Pilkada TTU.

BACA JUGA: Mahasiswi Kedokteran Asal TTU Positif Covid-19, Bupati Kembali Perketat Batas

Namun setelah kembali dari Jakarta, kesehatan warga tersebut dalam kondisi yang kurang sehat lalu dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, dan hasilnya positif Covid-19. Atas hasil tersebut, lanjut Raymundus, pihak RSUD WZ Johannes langsung mengamankan pasien tersebut untuk menjalani perawatan.

“Pasien itu tidak pernah ke Kefa. Karena setelah pulang dari Jakarta dia (Pasien, Red) tersebut langsung melakukan pemeriksaan di Kota Kupang dan dinyatakan positif Covid-19,” jelasnya.

Atas masalah tersebut, Bupati TTU dua periode itu meminta kepada seluruh warga supaya tidak khawatir dan cemas yang berlebihan dengan terkonformasinya warga TTU yang Positif Covid-19.

Selain itu juga, lanjut Raymundus, pemerintah daerah tetap berkoordinasi terkait informasi sehingga ketika terdapat masalah yang mencurigakan maka Gugus Tugas Penanganan Covid-19 TTU segera menindaklanjuti untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Sementara, Untuk aktifitas lainnya yang dilakukan pemerintah daerah akan tetap berjalan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Apalagi, pasien tersebut sedang menjalani perawatan di Kota Kupang bukan di TTU.

“Semua kegiatan tetap berjalan tapi dengan catatan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,” pungkasnya.

Sebelumnya, TTU juga sempat berada di zona merah lantaran ada seorang mahasiswi yang terkonfirmasi positif Covid-19 ketika kembali ke Kefamenanu belum lama ini. Pasien ini akhirnya dinyatakan sembuh setelah dirawat atau diisolasi di Rusunawa setempat yang dijadikan sebagai pusat karantina Pemkab TTU. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top