Warga TTU Jangan Kecewa, Polisi Tak Izinkan Pameran HUT Kota Kefamenanu, Apa Respon Bupati Raymundus? | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Warga TTU Jangan Kecewa, Polisi Tak Izinkan Pameran HUT Kota Kefamenanu, Apa Respon Bupati Raymundus?


RAPAT TERBATAS. Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes bersama unsur Forkopimda, FKUB dan LSM menggelar rapat terbatas membahas pelaksanaan kegiatan Pameran HUT ke-98 Kota Kefamenanu di aula Mapolres TTU, Jumat (11/9). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Warga TTU Jangan Kecewa, Polisi Tak Izinkan Pameran HUT Kota Kefamenanu, Apa Respon Bupati Raymundus?


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Pelaksanaan Pameran Pembangunan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-98 Kota Kefamenanu yang jatuh pada 22 September 2020 ternyata tak mendapatkan izin aparat keamanan. Padahal kegiatan pameran itu dijadwalkan berlangsung selama dua pekan, dimulai Sabtu (12/9) hingga 22 September 2020 mendatang.

Polres TTU tidak menerbitkan izin keramaian untuk panitia penyelenggara, termasuk Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Roni Junaidi pun melayangkan surat ke Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes agar membatalkan kegiatan yang akan melibatkan masyarakat TTU tersebut.

Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas kepada Timor Express, Jumat (11/9) mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat Koordinasi tentang rencana pameran dalam rangka HUT ke-98 Kota Kefamenanu bersama Forkopimda, dinas terkait dan tokoh agama.

Dalam Rapat bersama yang dihadiri Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes, Dandim 1618/TTU Letkol Arm Rony Junaidi, Kapolres TTU AKBP Nelson F. D. Quintas, Ketua DPRD TTU Hendrikus Bana, Ketua FKUB, Rm Geradus Sallu, Pr., dan anggota, LSM Lakmas Cendana Wangi Viktor Manbait tersebut, pihak Kepolisian sudah menegaskan tidak akan memberikan izin atas kegiatan tersebut.

“Ini kan situasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), jadi Kita tidak mungkin memberikan izin untuk kegiatan yang melibatkan banyak orang. Apalagi kegiatan pameran ini tentu akan melibatkan banyak orang,” tegas Nelson.

Sementara, Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Roni Junaidi mengatakan, pihaknya telah bersurat ke Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes tentang permohonan pembatalan Pameran HUT Kota Kefamenanu dengan memperhatikan Peraturan Bupati (Perbup) TTU Nomor 59 Tahun 2020 tentang pedoman tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 di TTU.

Menurut Roni, dalam Pasal 20 sub pasal 3 Ayat 4 Perbup Nomor 59 Tahun 2020, melarang masyarakat berkerumunan atau bergerombolan dan menerapkan penjagaan jarak (Physical Distancing) di pasar rakyat atau pasar tradisional. Padahal, kegiatan pameran tentu akan mengumpulkan banyak orang dan mengakibatkan kerumunan orang yang berpotensi terjadinya penularan Covid-19.

“Kita menginginkan setiap kegiatan harus berjalan sesuai aturan. Apa yang telah menjadi rujukan wajib dijalankan bukan melanggarnya sehingga tujuan bersama untuk perang melawan Covid-19 dapat tercapai sesuai harapan,” terangnya.

Terpisah, Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes mengatakan, pemerintah daerah akan menunda pelaksanaan kegiatan pembukaan Pameran HUT ke-98 Kota Kefamenanu tersebut.

Raymundus mengatakan, Pemda akan kembali menggelar rapat panitia guna memutuskan apakah kegiatan Pameran HUT Kota Kefamenanu dilaksanakan atau tidak.

“Kita akan menunda pembukaan Pameran yang rencananya akan dibuka tanggal 12 September 2020 dan selanjutnya dilaksanakan rapat panitia untuk memutuskan apakah pameran dilaksanakan atau tidak,” katanya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

Populer

To Top