Ketua Bawaslu NTT Ingatkan Jajarannya Patuhi Protokol Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Ketua Bawaslu NTT Ingatkan Jajarannya Patuhi Protokol Covid-19


Ketua Bawaslu NTT, Thomas Djawa bersama empat komisioner dan Kepala Sekretariat saat pembukaan Rakernis Advokasi/Pendampingan Hukum yang dilakukan di Hotel Neo by Aston Kupang, Sabtu (12/9). (FOTO: ISTIMEWA)

POLITIK

Ketua Bawaslu NTT Ingatkan Jajarannya Patuhi Protokol Covid-19


Bawaslu NTT Gelar Rakernis Advokasi/Pendampingan Hukum

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Thomas Mauritius Djawa, SH mengingatkan jajaran Bawaslu di kabupaten/kota agar benar-benar mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Terutama pada sembilan kabupaten pelaksana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) langsung 2020 yang sedang berjalan tahapannya.

“Kita tetap memantau hasil pemeriksaan kesehatan dan wawancara dari tiap paslon, khususnya salah satu balon (Bupati, Red) dari Kabupaten Ngada, dimana sesuai hasil pemeriksaan laboratorium dinyatakan positif Covid-19. Bawaslu kabupaten/kota diharapkan tetap mengikuti protokol Covid-19 dalam melaksanakan tugas di daerah, baik di kabupaten yang melaksanakan pilkada maupun yang tidak,” tegas Thomas Djawa ketika membuka kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Advokasi/Pendampingan Hukum yang dilakukan Bawaslu NTT di Hotel Neo by Aston Kupang, Sabtu (12/9).

Rakernis ini dihadiri oleh Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum dan Kordiv Pengawasan Bawaslu seluruh NTT. Sementara saat pembukaan hadir juga empat Komisioner dan Kepala Sekretariat Bawaslu NTT serta Kabag Hukum dan Kabag Pengawasan Bawaslu NTT juga para Kasubag.

Thomas Djawa menyampaikan bahwa proses tahapan Pilkada langsung 2020 yang sementara berlangsung di tengah pandemi Covid-19 ini harus dilakukan secara berhati-hati. Tujuannya agar fungsi pengawasan tetap berjalan dengan baik, namun petugasnya tetap sehat dan terhindar dari Covid-19.

PATUHI PROTOKOL COVID-19. Ketua Bawaslu NTT, Thomas Djawa bersama empat komisioner foto bersama peserta Rakernis di Hotel Neo by Aston Kupang, Sabtu (12/9). (FOTO: ISTIMEWA)

Sementara itu, Kordiv Hukum Bawaslu NTT, Melpy M. Marpaung, ST mengapresiasi peran Bawaslu kabupaten/kota di NTT yang sudah terlibat aktif memberi sumbangan pemikiran dan saran dalam proses rangcangan atau pembuatan produk hukum/regulasi, baik itu Peraturan KPU (PKPU) maupun peraturan Bawaslu (Perbawaslu).

BACA JUGA: 243 Bapaslon Pilkada 2020 Langgar Protokol Kesehatan, Bawaslu Ungkap 2 Jenis Sanksi

Sedangkan Kepala Sekretariat Bawaslu NTT, Ignasius Jani, S.IP, dalam penyampaiannya berharap agar tidak ada halangan agar dalam waktu dekat sudah ada kabupaten/kota yang segera di Satkerkan oleh Bawaslu RI. Dengan demikian, kata Jani, akan ada perekrutan pejabat yang diatur dengan regulasi tersendiri guna mengisi jabatan tertentu bagi Bawaslu kabupaten/kota yang disatkerkan itu. “Kalau sudah disatkerkan, maka perkerutan pejabat tersebut akan dilaksanakan secara terbuka,” ungkap Jani.

Kepala Bagian (Kabag) Hukum Bawaslu NTT, Felipus C. Boling, S.STP., M.Si dalam kesempatan itu juga mengharapkan agar kegiatan hari ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Bawaslu kabupaten/kota dalam melakukan advokasi maupun pendampingan hukum terutama di sembilan kabupaten yang sementara melakukan tahapan Pilkada 2020.

Felipus juga menambahkan, dalam Rakernis ini juga Bawaslu NTT menghadirkan empat narasumber yang berbicara mengenai advokasi atau pendampingan hukum bagi jajaran Bawaslu. Empat narasumber itu, yakni DR. John Tuba Helan (Akademisi Undana), Mikhael Feka, SH, M.H (Akademisi Unwira/Praktisi Hukum), Kordiv Hukum Bawaslu NTT, Melpy M. Marpaung, ST., dan Kabag Hukum Bawaslu NTT, Felipus C. Boling, S.STP., M.Si. (aln)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top