Dolar Menguat, Rupiah Bisa Ambil Peluang PSBB untuk Merangkak Naik | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dolar Menguat, Rupiah Bisa Ambil Peluang PSBB untuk Merangkak Naik


ILUSTRASI. Dolar dan Rupiah (FOTO: Istimewa)

BISNIS

Dolar Menguat, Rupiah Bisa Ambil Peluang PSBB untuk Merangkak Naik


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Perdagangan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) awal pekan ini berpeluang menguat meskipun dibayangi oleh banyak tekanan seiring dengan menguat aset berisiko. Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) saat ini rupiah berada di posisi 14.974.

Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Atiston Tjandra mengatakan, pagi tadi terlihat sentimen positif membayangi pergerakan aset berisiko dengan indeks saham Asia bergerak menguat dan nilai tukar emerging market juga bergerak menguat terhadap dolar AS.

“Indeks saham berjangka AS, Dow Fut, karena berita akuisisi Nvidia memberikan sentimen positif ke pasar,” ujarnya dalam pesan singkatnya, Senin (14/9).

Saham Asia mengawali pekan ini di zona hijau karena harapan vaksin virus Covid-19 muncul kembali setelah AstraZeneca melanjutkan uji coba fase ketiga. Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan rekor peningkatan satu hari kasus virus Covid-19 secara global pada Minggu, dengan total kenaikan 307.930 dalam 24 jam.

“Sentimen positif datang dari dimulainya kembali pengujian vaksin Astrazeneca yang sempat terhenti. Sentimen positif ini mengesampingkan konflik AS dan Tiongkok yang memanas belakangan ini,” ucapnya.

Di sisi lain, Ariston menyebut, kemungkinan penguatan rupiah juga dapat didorong oleh Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat ini tidak seperti PSBB pada Maret 2020 lalu.

“Rupiah mungkin bisa menguat terhadap dollar AS mengikuti sentimen ini. Berita PSBB Jakarta bukan PSBB total mungkin sedikit melegakan pelaku pasar,” tutupnya. (jpc/jpg)

Komentar

Berita lainnya BISNIS

Populer

To Top