Canangkan GISA di Rote Ndao, Ini 2 Permintaan Bupati ke Disdukcapil | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Canangkan GISA di Rote Ndao, Ini 2 Permintaan Bupati ke Disdukcapil


FOTO BOOTH. Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu dan Wabup Stefanus M. Saek, melakukan sesi foto booth setelah disambut secara adat pada pencanangan GISA di kantor Camat Rote Selatan, Senin (14/9). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Canangkan GISA di Rote Ndao, Ini 2 Permintaan Bupati ke Disdukcapil


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, SE, didampingi Wakil Bupati (Wabup), Stefanus M. Saek, SE, M.Si mencanangkan program Gerakan Indonesia Sadar Adminnduk (GISA) bertempat di Kantor Camat Rote Selatan, Senin (14/9). Turut mendampingi, jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah, Drs. Jonas M. Selly, MM, para asisten dan sejumlah pimpinan perangkat daerah

Dalam kegiatan pencanangan GISA tersebut, Bupati Paulina Haning menyampaikan sejumlah permintaan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sebagai penyelenggara kegiatan.
Setidaknya ada dua hal penting yang diminta untuk dilakukan sebagai pemenuhan target penyelesaian proses administrasi kependudukan (Adminduk) masyarakat Rote Ndao.

Pertama, kata Bupati Paulina, Disdukcapil diminta menyelesaikan pelayanan perekaman KTP elektronik (e-KTP) kepada penduduk yang telah cukup usia untuk memiliki dokumen tersebut.

Bupati Paulina meminta hal ini lantaran masih ada 14.367 dari total 100.637 penduduk wajib e-KTP yang belum memiliki identitas kependudukan itu. Jika dipersentasikan, angka pencapaiannya baru 85,70 persen.

Kedua, lanjut Bupati Paulina, adalah penyelesaian pelayanan kepemilikan akta kelahiran. Dimana, berdasarkan data kependudukan semester satu tahun 2020, tercatat 147.846 penduduk, yang didalamnya terdapat 22.210 anak yang belum memiliki akta kelahiran dari total 53.567 anak usia 0-18 tahun.

“Disdukcapil harus bekerja keras untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Harus seratus persen,” tegas Bupati Paulina dalam sambutan pencanangan GISA, kemarin (14/9).

Terhadap pengurusan akta kelahiran, Bupati Paulina menekankan tanggung jawab kepada para orang tua (ayah). Karena menurutnya, disaat persalinan, kondisi ibu masih belum memungkinkan untuk mengurus dokumen tersebut setelah melewati masa 40 hari.

“Bapak-bapak, jangan mau enaknya saja. Harus cepat urus akta kelahiran untuk anak,” tandas Bupati Paulina.

Menanggapi permintaan tersebut, Kepala Dinas Dukcapil Rote Ndao, Petson Soleman Hangge, S.Sos, kepada Timor Express mengaku akan berupaya memenuhi apa yang diminta oleh Bupati itu.

Secara teknis, kata Petson, upaya yang tengah dilakukan saat ini adalah langsung ‘menjemput bola’. Petson mencontohkan pelayanan yang dilakukan di Kecamatan Rote Selatan bersamaan dengan pencanangan GISA tingkat Kabupaten Rote Ndao saat ini merupakan bagian dari upaya menjemput bola itu.

“Sudah kami lakukan secara langsung di lapangan, seperti saat ini di Rote Selatan, yang ditargetkan selesai dalam seminggu,” kata alumnus FISIP Undana Kupang ini.

Petson menambahkan, selain melakukan pelayanan yang dipusatkan di kecamatan, setelah pencanangan GISA, bisa langsung ke desa. Hal itu dapat dilakukan apabila mendapat permintaan dari desa untuk memperoleh pelayanan dokumen kependudukan dari Disdukcapil.

Menyinggung apakah ada kendala yang ditemui selama pelayanan, Petson mengaku, secara internal tidak ada karena menurutnya, fasilitas yang disiapkan sudah memadai berupa sarana dan prasarana pendukung pelayanan adminduk.

“Tidak ada secara internal. Kendala yang kami alami adalah mungkin ketika bekerja di lapangan. Misalnya ada pemadaman listrik, sehingga sedikit terkendala dalam melakukan pelayanan,” jelas Petson.

Sebagaimana disaksikan media ini, pencanangan GISA yang dilakukan Bupati Rote Ndao, ditandai dengan menabuh tambur. Ini sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam melestarikan budaya daerah.

Selanjutnya, Bupati Paulina meluncurkan Aplikasi Adminduk dengan menekan tombol ‘enter’ pada keyboard laptop. Setelah penekanan tombol itu, petugas Disdukcapil langsung melakukan pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat yang hadir. (mg32)

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

Populer

To Top