KPU Belu Kembalikan Dokumen 2 Paslon, Lengkapi Sejumlah Syarat Lagi | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

KPU Belu Kembalikan Dokumen 2 Paslon, Lengkapi Sejumlah Syarat Lagi


Juru Bicara KPU Belu, Herlince E. Asa. (FOTO: Johni Siki/TIMEX)

POLITIK

KPU Belu Kembalikan Dokumen 2 Paslon, Lengkapi Sejumlah Syarat Lagi


Termasuk Menambahkan 2 Hal Ini pada Visi-Misi

ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu mengembalikan dokumen syarat calon semua bakal pasangan calon (Paslon) yang mendaftar di Pilkada Belu 2020 untuk diperbaiki. Pasalnya sejumlah dokumen yang dipersyaratkan belum lengkap.

Juru Bicara KPU Belu, Herlince E. Asa, di Atambua, Senin (14/9) mengatakan, yang mendaftar di Pilkada Belu sebanyak dua bapaslon. Masing-masing balon Bupati-Wakil Bupati Belu, Willy Lay-J. T. Ose Luan (Paket Sahabat), dan bapaslon Agus Taolin-Aloysius Haleaerens (Paket Sehati).

Menurut Herlince, sesuai hasil verivikasi administrasi oleh KPU Belu, kelengkapan dan keabsahan dokumen syarat calon terdapat item dokumen yang belum lengkap. Sehingga dikembalikan untuk diperbaiki sesuai jadwal yang sudah ada.

Dikatakan, penyerahan dokumen hasil verivikasi untuk kedua bapaslon pada Minggu (13/9), dan perbaikan terhitung 14 – 16 September.

“Ada item dokumen yang belum memenuhi syarat sehingga dikembalikan untuk dilengkapi. Kita kembalikan item dokumen yang kurang itu untuk diperbaiki,” sebutnya.

Herlince menyebutkan, kekurangan itu terdapat pada keabsahan dokumen dan kesusaian format BB 1 dan BB 2, dimana belum sesuai format. Selain itu dikembalikan untuk memperbaiki visi misi dimana para Bapaslon diminta menambahkan dua hal sesuai materi debat, yakni terkait kebijakan pengendalian Covid-19, dan penanganan peredaran narkotika. Selain itu, keabsahan dokumen ijazah dan dokumen LHKPN yang belum mememuhi syarat.

Pihak KPU, kata Herlince, menunggu saja hasil perbaikan untuk dilakukan pemberkasan dan pleno penetapan.

Herlince menambahkan, pihak KPU juga telah menerima hasil tes kesehatan kedua bapaslon, seperti pemeriksaan urine, test psikologi, dan kesehatan jasmani. Pengembilan sampel darah untuk uji laboratorium, foto thoraks, USG abdomen juga sudah dilakukan kedua bapaslon. “Dan hasil pemeriksaan kesehatan kedua bakal pasangan calon memenuhi syarat,” bebernya.

Herlince mengaku bahwa KPU juga sudah menetapkan rekpitualasi Daftar Pemilih Sementara (DPS). Total DPS sebanyak 11.8280. Berita acara penetapan DPS sudah diserahkan untuk Bawaslu, paslon dan parpol pengusung. “Tidak ada tanggapan dari Bawaslu sehingga kita sudah menyerahkan dokumen A1.1 ke Bawaslu, paslon dan parpol pengusung,” sebutnya. (mg33)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top