11.904 KPM-PKH di Rote Ndao segera Terima Bansos Tambahan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

11.904 KPM-PKH di Rote Ndao segera Terima Bansos Tambahan


BERI PENJELASAN. Kadis Sosial Rote Ndao, Ferdinan Haning memberi penjelasan terkait penyaluran Bansos tambahan dari Kemensos RI, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/9). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

11.904 KPM-PKH di Rote Ndao segera Terima Bansos Tambahan


Terbanyak di Kecamatan Rote Barat Daya

BA’A, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 11.904 Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) di Kabupaten Rote Ndao dalam waktu dekat akan menerima Bantuan Sosial (Bansos) tambahan berupa beras sebanyak 45kg dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rote Ndao, Ferdinan Haning, kepada Timor Express, di ruang kerjanya, Selasa (15/9) mengatakan, melalui program Jaring Pengaman Sosial (JPS), Bansos tersebut bertujuan membantu pemenuhan kebutuhan hidup (pangan) para KPM-PKH dalam masa pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Teknis penyaluranya, kata Ferdinan, Dinsos Rote Ndao bekerjasama dengan Perum Bulog, langsung mendistribusikan ke setiap desa. Selanjutnya pihak desa membagikan ke masing-masing KPM-PKH.

Ferdinan menjelaskan, setiap KPM akan memerima sebanyak 30kg beras. Ini untuk memenuhi kebutuhan pangan pada bulan Agustus dan September. Sedangkan 15kg sisanya akan disalurkan pada bulan Oktober.

Artinya, kata Ferdinan, penyaluran Bansos tambahan untuk KPM-PKH dilakukan sebanyak dua kali. Dimana penyaluran pertama, sebanyak 357.120kg beras, disusul sebanyak 178.560kg.

Secara keseluruhan, tambah Ferdinan, terdapat 535.680kg beras yang akan disalurkan ke 11.904 KPM-PKH di Kabupaten Rote Ndao.

“Pemerintah terus memberi perhatian terhadap pemenuhan kebutuhan masyarkat di masa pandemi Covid-19. Apalagi kepada masyarakat yang kurang mampu,” ungkap Ferdinan.

Ferdinan menyebutkan, ketersediaan beras sesuai jumlah yang dibutuhkan untuk Bansos tambahan, tidak mengalami kendala. Barangnya telah siap didistribusikan dalam waktu dekat. “Hari Sabtu (19/9), penyaluran sudah mulai dilakukan, dimulai dari Kecamatan Landu Leko. Pendistribusian ini didampingi oleh Bhanda Ghara Reksa (BGR),” ungkap Ferdinan.

Terkait sebaran KPM-PKH di Rote Ndao, Ferdi menyebutkan bahwa jumlah terbanyak berada di Kecamatan Rote Barat Daya. Yakni sebanyak 2.894 KPM. Sedangkan KPM paling sedikit berada di Kecamatan Rote Selatan dengan jumlah 403 KPM.

Untuk kecamatan lainnya, seperti Rote Barat Laut sebanyak 2.381 KPM, Lobalain (1.618 KPM), Rote Timur (1.409 KPM), dan Pantai Baru (948 KPM). Selanjutnya Kecamatan Rote Barat sebanyak 787 KPM, Landu Leko (570 KPM), Rote Tengah (479 KPM), dan Kecamatan Ndao Nuse (415 KPM).

Masih menurut Ferdinan, selain kepada KPM-PKH, Bansos yang dikucurkan melalui Kemensos juga menyasar para KPM sembako non PKH. Ini yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk uang tunai, yang diterima satu kali, untuk kebutuhan bulan Juli. Bansos tunai Rp 500.000 per KPM ini akan disalurkan ke 306 KPM. Nilai keseluruhanya mencapai Rp 153 juta.

“Bansos untuk penerima sembakau non PKH itu hanya satu kali. Setiap KPM dibantu pemerintah Rp 500 ribu,” beber Ferdinan. (mg32)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top