Dinas PMD TTS Bimbing Perangkat Desa Kerja Profesional | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dinas PMD TTS Bimbing Perangkat Desa Kerja Profesional


PEMBEKALAN. Kadis PMD TTS, George Dominggus Mella saat memberikan pembekalan dan penguatan pakasitas kepada para perangkat desa di Kecamatan Fatumnasi. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Dinas PMD TTS Bimbing Perangkat Desa Kerja Profesional


SOE, TIMEXKUPANG.com-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) melakukan pembimbingan atau penguatan kapasitan kepada para perangkat desa yang sudah dilantik di daerah itu.

“Penguatan kapasitas kepada para perangkat desa ini bertujuan agar mereka dapat bekerja profesional sesuai tugas dan fungsinya,” ungkap Kepala Dinas PMD TTS, George Dominggus Mella saat ditemui Timor Express di ruang kerjanya, Selasa (15/9).

George mengatakan, perangkat desa yang telah dilantik secara umum memiliki kemampuan yang memadai. Meski demikian, untuk mengerjakan tugas dan fungsi sebagai perangkat desa, dipandang perlu untuk membekali lagi dengan pengetahuan-pengetahuan berkaitan dengan pengelolaan program desa, serta pekerjaan administrasi yang diinginkan oleh tata pemerintahan desa.

George mengharapkan, para perangkat desa yang direkrut melalui selekai itu dapat mendukung pengelolaan program pembangunan di desa, sehingga ke depan dapat berlangsung sesuai apa yang diharapkan bersama.

“Secara umum para perangkat desa memiliki pengetahuan yang memadai, tapi kami perlu memberikan penguatan kapasitas lagi, sehingga mereka (Para perangkat desa, red) dapat memahami tugas dan fungsi mereka,” jelas George.

George menyebutkan, materi pembekalan dan penguatan kapasitas yang diberikan meliputi, tata kelola pemerintahan desa, manajemen pengelolaan dan pemanfaatan keuangan desa sesuai aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes), manajemen pengelolaan bumdes, manajemen administrasi perkatoran desa, perencanaan program berkualitas, dan pembentukan produk hukum desa.

Sejumlah materi itu, lanjut George, diberikan kepada seluruh perangkat desa di 266 desa yang ada di TTS. Pasalnya, Pemkab dan DPRD TTS mengharapkan dengan perekrutan perangkat desa itu dapat memberikan kontribusi positif terhadap program pembangunan di desa.

“Memang masih ada beberapa desa yang belum melaksanakan pelantikan, karena masih ada persoalan. Tapi sebagian besar sudah jalan pelantikannya sehingga kami tindaklanjuti dengan pembekalan dan penguatan kapasitas,” terang George.

Peserta yang dilibatkan pada kegiatan itu adalah seluruh perangkat desa, yakni sekretaris desa, kaur, dusun dan juga kepala desa. Hingga saat ini, penguatan kapasitas dan juga pembinaan itu telah dilakukan di 12 kecamatan dari 32 kecamatan yang ada di TTS. “Kepala desa juga diikutkan dalam kegiatan itu,” terang dia.

Ketua Komisi I DPRD TTS, Uksam Selan ketika dimintai komentarnya mengatakan, apa yang dilakukan Dinas PMD adalah langkah yang positif. Hanya saja, Dinas PMD juga perlu memikirkan regulasi yang mengatur tentang ruang gerak para perangkat desa, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka.

Hal itu dipandang penting lantaran para perangkat desa yang direkrut, akan dibiayai menggunakan uang negara sehingga pemerintah perlu membuatkan standar kinerja sesuai aturan yang berlaku. “Harus ada aturan yang mengatur tentang ruang gerak perangkat desa, mulai dari jam kerja, cara berpakaian, beban kerja yang diemban. Ini perlu dibuat, sehingga bisa dijadikan sebagai indikator penilaian kinerja para perangkat desa,” saran Uksam. (yop)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top