Pemkab TTU Tetap Laksanakan Pameran Pembangunan, Jamin Penerapan Prokes Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemkab TTU Tetap Laksanakan Pameran Pembangunan, Jamin Penerapan Prokes Covid-19


Penjabat Sekda TTU, Fransiskus Tilis. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pemkab TTU Tetap Laksanakan Pameran Pembangunan, Jamin Penerapan Prokes Covid-19


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) melalui panitia pelaksana tetap melaksanakan pameran pembangunan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-98 Kota Kefamenanu.

Padahal, kegiatan HUT tersebut ditolak sejumlah pihak seperti Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) TTU, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) TTU, dan mahasiswa. Bahkan aparat keamanan pun tak memberikan izin penyelenggaraan. Meski demikian, Pemkab TTU tetap melaksanakan dengan jaminan akan memperhatikan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) TTU, Fransiskus Tilis kepada Timor Express, Selasa (15/9) mengatakan, kegiatan pameran pembangunan, expo serta pasar rakyat merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pemerintah dalam rangka untuk memperingati HUT Kota Kefamenanu.

“Kami sebagai panitia sudah melakukan pertemuan bersama, dan terakhir yang kita putuskan adalah tetap dilaksanakan dengan catatan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Fransiskus.

Guna memaksimalkan penerapan prokes, jelas Fransiskus, pihaknya akan menggunakan empat pintu gerbang yaitu pintu gerbang bagian depan, belakang, kiri, dan kanan, dimana setiap pintu disiapkan tempat cuci tangan dan petugas dari dinas kesehatan bersiap melakukan pengukuran suhu tubuh terhadap setiap pengunjung yang masuk.

Selain itu, tambah Fransiskus, pihaknya juga sudah mewajibkan setiap stand yang ada supaya bisa menyediakan tempat cuci tangan. Kepada seluruh masyarakat yang datang ke arena pameran, diwajibkan menggunakan masker.

BACA JUGA: Warga TTU Jangan Kecewa, Polisi Tak Izinkan Pameran HUT Kota Kefamenanu, Apa Respon Bupati Raymundus?

“Kalau tidak pakai masker maka kita tidak akan izinkan. Kita juga meminta kepada BPBD untuk bisa menyiapkan masker cadangan. Apabila dalam satu kelompok ada satu orang yang tidak pakai masker maka kita bawa dia ke pos untuk kita berikan dia masker,” jelasnya.

Terkait keamanan, lanjut Fransiskus, pihaknya juga mewajibkan Satpol PP untuk menggunakan pengeras suara meminta kepada warga yang berkerumun di arena pameran supaya berpencar sehingga tetap jaga jarak.

Sementara, bagi masyarakat yang berasal dari luar daerah yang ingin menyaksikan pameran pembangunan tersebut maka harus membawa hasil rapid test dan ditunjukan kepada petugas.

Sebagaimana diberitakan sebelum, pelaksanaan pameran pembangunan dalam rangka HUT ke-98 Kota Kefamenanu pada 22 September 2020 mendatang menuai protes berbagai kalangan, termasuk pihak Kepolisian maupun TNI TTU.

Kegiatan itu rencananya berlangsung selama dua pekan, dimulai sejak 12 september dan berakhir pada 22 September. Namun karena tidak mendapat izin resmi dari Pihak Kepolisian, akhirnya ditunda.

Bahkan, Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Roni Junaidi pun melayangkan surat ke Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes untuk membatalkan kegiatan yang akan melibatkan masyarakat TTU tersebut. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top