Bangun Zona Integritas di Kampus, Tekad Poltekkes Kemenkes Kupang Raih WBK dan WBBM | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bangun Zona Integritas di Kampus, Tekad Poltekkes Kemenkes Kupang Raih WBK dan WBBM


KOMPAK. Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang, Dr. R.H. Kristina, SKM, M.Kes (ketiga kiri) pose bersama jajaranya dengan simbol tolak korupsi, bertempat di ruang kerja Direktur, Jumat (18/9). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

PENDIDIKAN

Bangun Zona Integritas di Kampus, Tekad Poltekkes Kemenkes Kupang Raih WBK dan WBBM


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Direktur Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Kupang, Dr. R. H. Kristina, SKM, M.Kes, menyatakan pihaknya telah berkomitmen menuju pembangunan zona integritas yang difokuskan pada enam komponen.

Enam komponen itu, kata Kristina, yakni manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Tujuannya untuk mendukung terciptanya birokrasi pemerintahan yang profesional, berintegritas, kinerja tinggi, bebas dan bersih dari KKN, mampu melayani publik serta berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara di setiap instansi pemerintah.

Permenkes nomor 38 tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan di Lingkungan Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan, Poltekkes dibagi dalam 3 kelas, Poltekkes Kemenkes Kelas I, Kelas II dan Kelas III. Dan Poltekkes Kemenkes Kupang termasuk dalam kelas II.

“Poltekkes Kemenkes Kupang terdiri dari Direktorat dan 10 program studi/ jurusan dengan kampus yang berbeda. Semua bagian ini harus menjadi Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Hal ini butuh komitmen bersama dalam kesatuan gerak dan langkah menuju tercapainya WBK/WBBM ini,” kata Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang, Dr. R. H. Kristina, SKM, M.Kes, ketika ditemui media ini di ruang kerjanya, Jumat (18/9).

Kristina menjelaskan, Poltekkes Kemenkes Kupang telah membentuk tim kerja pembangunan zona integritas sesuai Surat Keputusan (SK) Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang Nomor HK.02.03/2/4460/2019 dan diperbaharui dengan SK Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang Nomor HK. 02.03/2/2229/2020 tentang perubahan atas Keputusan Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang atas Keputusan Nomor HK.02.03/2/44460/2019 demi untuk kelancaran proses WBK dan WBBM ini.

Penilaian pre-assessment oleh Inspektorat Jenderal Kemenkes (Itjen) Investigasi Kemenkes RI, kata Kristina, telah dilaksanakan pada 14 – 15 Juli 2020 melalui kegiatan virtual sebagai langkah awal penilaian WBK/WBBM.

“Hasil pre-assessment Poltekkes Kemenkes Kupang yakni nilai Reformasi Birokrasi Poltekkes Kemenkes Kupang dengan capaian 83,27 persen. Capaian nilai ini telah memenuhi syarat untuk maju ke penilaian nasional oleh TPI (Tim Penilai Internal) untuk menetapkan sebagai Satker WBK,” jelas Dr. Kristina yang saat itu didampingi Ketua SPI Poltekkes Kemenkes Kupang, Dr. Sabina Gero, SKp, MSc.

Berdasarkan keputusan rapat TPI Kementerian Kesehatan, Satker Kesehatan Kemenkes Kupang akan di-assessment menjadi WBK pada 29 – 30 September 2020.

Menurut Kristina, ini menjadi hal utama yang perlu ditanamkan agar wilayah bebas dari korupsi ini membudaya dalam kata dan perbuatan seluruh pegawai yang bekerja di Poltekkes Kemenkes Kupang, mulai dari pimpinan sampai cleaning service. “Semboyan kami adalah Satu kata dan perbuatan menuju WBK,” pungkasnya. (mg22)

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

Populer

To Top