Kapolda Janji Tindak Tegas Pelanggar Pilkada, Sekda NTT: Laporkan ASN Tak Netral | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kapolda Janji Tindak Tegas Pelanggar Pilkada, Sekda NTT: Laporkan ASN Tak Netral


RAKOR KESIAPAN PILKADA. (Dari kiri) Danrem 161/WS, Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya, Sekda NTT, Ben Polomaing, Kapolda NTT, Irjen Pol. Lotharia Latif, dan Ketua KPU NTT, Thomas Dohu saat Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pilkada serentak 2020 bertempat di loby Mapolda NTT, Selasa (22/9). (FOTO: ISTIMEWA)

POLITIK

Kapolda Janji Tindak Tegas Pelanggar Pilkada, Sekda NTT: Laporkan ASN Tak Netral


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH., M.Hum menyatakan akan menindak tegas pelanggar dan pelaku pidana Pilkada tahun 2020. “Polri akan melakukan penegakan hukum secara tegas dan terukur jika terjadi pelanggaran dan pidana pada Pilkada,” tegas Irjen Latif usai Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pelaksanaan Pilkada serentak 2020 dalam masa pandemi Covid-19 di wilayah hukum Polda NTT, di loby Mapolda NTT, Selasa (22/9).

Kapolda Latif menekankan agar dalam pelaksanaan pengamanan tidak under estimate terhadap situasi yang terjadi agar tetap aman dan kondusif. Kapolda juga mengingatkan agar maklumat Kapolri bisa disosialisasikan oleh pimpinan partai politik kepada pasangan calon maupun pendukungnya.

Kepada Kapolres, Kapolda Irjen Latif berharap agar tidak ragu mengedepankan komunikasi dan koordinasi guna menindaklanjuti masalah yang terjadi sekecil apapun.

“Jaga netralitas Polri sesuai arahan dan perintah Kapolri. Segera sosialisasikan aturan-aturan baru sehingga tidak ada miss komunikasi sehingga terselenggara Pilkada yang aman dan damai,” tambah Irjen Latif.

Jenderal bintang dua ini juga mengingatkan agar melakukan pemetaan dan mapping, serta berkoordinasi dengan penyelenggara dan pasangan calon untuk tidak mengerahkan massa secara besar-besaran. Siapkan rayonisasi dan penebalan pengamanan guna mem-back up wilayah yang melaksanakan Pilkada.

BACA JUGA: Beredar Foto Pejabat Eselon II TTU Dukung Paket Kita Sehati

Kapolda juga mengingatkan soal kesiapan KPU untuk bisa menerapkan protokol kesehatan sampai tingkat TPS.

Sekretaris Daerah (Sekda) NTT, Benediktus Polomaing mengatakan, masing-masing penyelenggara, ASN, TNI/Polri dan semua elemen masyarakat berperan aktif dalam Pilkada.

“Taat aturan yang telah menjadi komitmen baik teknis pilkada maupun aturan tentang Covid-19. Diimbau kepada paslon dan parpol pendukung serta semua pihak taat terhadap protokol kesehatan,” tandas Ben Polomaing.

Sekda NTT juga mengharapkan seluruh ASN tetap menjaga netralitas dalam Pilkada serentak ini. Ia berjanji akan melakukan pengawasan terhadap para ASN. “Apabila ada ASN yang tidak netral agar segera dilaporkan. Semoga Pilkada ini menghasilkan pemimpin yang berkualitas,” tegas Ben Polomaing.

Hadir dalam kegiatan Rakor tersebut Danrem 161/Wirasakti Kupang, Brigjen TNI Petrus Samuel Hehakaya, Danlantamal VII Kupang, Laksamana Pertama (Laksma) TNI IG. Kompiang Aribawa, Danlanud El Tari Kupang, Kolonel Pnb Bambang Junior Djatmiko, Kabinda NTT, Brigjen TNI Adrianus San, S.Sos, M.Tr, Aspidum Kejaksaan Tinggi NTT, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi NTT, Engku Prasetyo, SH, Ketua KPU NTT Thomas Dohu, serta Komisioner Bawaslu NTT, Baharudin Hamzah. (il/aln)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top