Kodim Manggarai Panen Jagung Manis, Dandim Ivan: Ini Motivasi untuk Masyarakat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kodim Manggarai Panen Jagung Manis, Dandim Ivan: Ini Motivasi untuk Masyarakat


JADI CONTOH. Bupati Manggarai, Deno Kamelus (kanan) dan Dandim 1612/Manggarrai, Letkol Kav Ivan Alfa memperlihatkan bulir jagung usai panen perdana jagung manis jeni Bonansa di demplot Kodim 1612/Manggarai di Kelurahan Satar Tacik, Kecamatan Langke Rembong, Senin (21/9) pagi. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Kodim Manggarai Panen Jagung Manis, Dandim Ivan: Ini Motivasi untuk Masyarakat


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Kodim 1612 Manggarai, melakukan panen perdana jagung manis jenis Bonansa di kebun holtikultura milik Kodim, di Kelurahan Satar Tacik, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Senin (21/9) pagi. Selama ini kebun holtikultura tersebut dijadikan demonstrasi plot (Demplot).

Hadir dalam kegiatan panen perdana jagung itu, Bupati Manggarai, Deno Kamelus, Dandim 1612/Manggarai, Letkol Kav Ivan Alfa, Kapolres AKBP Mas Anton Widyodigdo, Sekda Manggarai Fansi Jahang, sejumlah pimpinan perangkat daerah, Kasub Divre Bulog Ruteng, Kepala Bandara Frans Sales Lega Ruteng, dan personil TNI.

Hadir juga sejumlah ASN lingkup pemerintah kabupaten Manggarai, dan masyarakat sekitar. Selama ini Kodim 1612 Manggarai, mamanfaatkan lahan kosong milik Bandara Frans Sales Lega-Ruteng, untuk berkebun holtikultura. Tentu ini mendukung program pemerintah, Kodim membuat demplot ketahanan pangan.

Dandim 1612/Manggarai, Letkol Kav Ivan Alfa, dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan yang dilakukan di kebun holtikultura itu, selain untuk melakukan panen jagung manis Bonansa, juga sekaligus mempererat silaturahmi yang selama ini sudah terjalin sangat baik.

Menurut Dandim Ivan, panen jagung itu sendiri merupakan salah satu upaya pelaksanaan ketahanan pangan program Kodim 1612/Manggarai. Sebagaimana diketahui, pada 1 September 2020, dilakukan nota kesepakatan antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT dan Korem 161/Wirasakti tentang kegiatan tanam jagung panen sapi (TJPS).

Juga tindak lanjut kerjasama pendampingan tanam dan panen sapi dari Dinas pertanian Kabupaten Manggarai kepada Kodim/1612 Manggarai pada 10 September 2020. Dandim berharap semoga kegiatan panen jagung hari ini menjadi langkah awal yang bagus dalam melanjutkan MoU.

“Dengan kegiatan panen jagung hari ini, dapat menjadi motivasi kepada masyarakat kita di Manggarai. Agar dapat memanfaatkan lahan tidur dengan menanam jagung sebagai salah satu alternatif menambah stok pangan. Lebih khususnya lagi di masa pandemi Covid-19 ini,” kata Dandim Ivan.

Kodim 1612/Manggarai, kata Dandim, akan selalu mendukung program pemerintah di bidang pertanian, guna memberi dampak positif bagi kehidupan masyarakat di wilayah setempat.

Sementara Bupati Deno Kamelus, mengatakan semua tahu bahwa tempat atau demplot milik Kodim 1612/Manggarai di Satar Tacik, sudah berjalan lama. Setiap tahun ada variasi-variasi tanaman yang ditanam di atas lahan seluas 1 hektare tersebut. Bahkan pasokan sayur untuk Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai dan Kota Ruteng, sumbernya dari demplot Kodim 1612/Manggarai.

“Banyak petani yang datang ke sini untuk melihat bagaimana cara menanam holtikultura. Tentu kita berharap, setelah dia melihat tempat ini bisa dijadikan satu motivasi baru. Dimana motivasi baru itu, bahwa ternyata tanah yang kosong ini kalau dimanfaatkan secara maksimal maka dia bisa menghasilkan uang,” kata Bupati Deno.

Sehingga bicara uang, lanjutnya, maka perekonomian masyarakat Manggarai akan semakin maju.

Bupati Deno mengatakan, teknik untuk menanam tanaman holtikultura di demplot Kodim 1612/Manggarai bertujuan merangsang semua orang, agar bisa memberi motivasi kepada masyarakat lain tentang cara memanfaatkan lahan kosong.

“Sehingga program-program untuk meningkatkan pendapatan masyarakat kita bisa dikerjakan kedepannya dan untuk memenuhi permintaannya dari pasar. Saya melihat demplot Kodim 1612/Manggarai sudah memberi kontribusi yang besar untuk petani kita di Manggarai,” tutur Bupati Deno. (Krf3)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top