Palsukan Akta Kelahiran Demi Pilkades, Mikhael Abi Huni Rutan Kefamenanu | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Palsukan Akta Kelahiran Demi Pilkades, Mikhael Abi Huni Rutan Kefamenanu


Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Palsukan Akta Kelahiran Demi Pilkades, Mikhael Abi Huni Rutan Kefamenanu


Jadi Tahanan Jaksa Pasca Pelimpahan Berkas oleh Penyidik Polisi

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Mikhael Abi, oknum Kepala Desa terpilih di Desa Oenenu Selatan, Kecamatan Bikomi Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), resmi menghuni Rutan Kelas II Kefamenanu, Senin (21/9). Mikhael dirutankan dengan status sebagai tahanan Jaksa Penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) TTU.

Penahanan tersebut merupakan tindaklanjut dari pelimpahan berkas perkara oleh penyidik kepada JPU dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen akta kelahiran yang dilakukan saat mencalonkan diri untuk mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Oenenu Selatan yang digelar 11 September 2019 lalu.

Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas kepada Timor Express, Senin (21/9) menuturkan, penyidik telah merampungkan hasil penyelidikan dalam kasus dugaan tindak pidana pemalsuan dokumen akta kelahiran yang dilakukan oknum Kades Oenenu terpilih, Mikhael Abi.

Untuk itu, kata Nelson, penyidik telah melimpahkan berkas perkara ke JPU Kejari TTU untuk dilanjukan proses hukumnya. Dalam pelimpahan itu, penyidik juga ikut melimpahkan tersangka yang sebelumnya menjadi tahanan penyidik menjadi tahanan JPU.

“Kita sudah limpahkan berkas perkara termasuk tersangka kepada JPU untuk dilanjutkan proses hukumnya,” ungkap Nelson.

Sementara, Kepala Kejari TTU, Bambang Sunardi menyampaikan pihaknya telah menerima berkas perkara dan tersangka dari penyidik satreskrim Polres TTU dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen akte kelahiran yang dilakukan saat mencalonkan diri untuk mengikuti pemilihan Kades Oenenu Selatan yang digelar 11 September 2019 lalu.

Dikatakan, berkas perkara yang telah diterima tersebut akan diteliti oleh JPU untuk kemudian didaftarkan ke Pengadilan Negeri Kefamenanu Kelas II untuk disidangkan.

“Kita akan teliti dulu berkasnya, Kalau sudah lengkap maka kita akan segera daftarkan untuk disidangkan,” jelas Bambang seraya menambahkan pihaknya telah melakukan penahanan terhadap tersangka dan dititipkan di Rutan Kefamenanu kelas II.

Sebelumnya, penyidik unit Reskrim Polsek Miomaffo Timur telah menetapkan oknum Kades terpilih di Desa Oenenu Selatan, Kecamatan Bikomi Tengah lantaran terbukti melakukan pemalsuan dokumen akta kelahiran untuk mengikuti Pilkades.

“Kades terpilih di Desa Oenenu Selatan sudah kita tetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen yang dilakukan oleh tersangka saat mencalonkan dirinya sebagai salah satu kandidat calon Kepala Desa di daerah setempat,” tutur Gustaf, penyidik unit Reskrim Polsek Miomaffo Timur.

Terkait ancaman hukuman, Gustaf menyebutkan, tersangka dijerat dengan pasal 263 ayat (1) dan ayat (2) subs. Pasal 264 ayat (1) ke-1 KUHP tentang pemalsuan surat dengan ancaman hukuman enam tahun penjara. (mg26)

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

Populer

To Top