Pilkada Malaka: KPU Resmi Tetapkan Paslon SBS-WT dan SN-KT | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pilkada Malaka: KPU Resmi Tetapkan Paslon SBS-WT dan SN-KT


KPU Malaka foto bersama tim pemenangan paslon SBS-DT dan SN-KT usai pleno penetapan paslon Bupati-Wabup Malaka, Rabu (23/9). (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

POLITIK

Pilkada Malaka: KPU Resmi Tetapkan Paslon SBS-WT dan SN-KT


Kamis Besok Penarikan Nomor Urut Paslon

BETUN, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka resmi menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Malaka untuk Pilkada serentak 2020, Rabu (23/9).

Juru Bicara KPU Malaka, Yosep Nahak kepada Timor Express saat dikonfirmasi mengatakan, penetapan paslon Bupati-Wabup Malaka ini dilakukan dalam rapat pleno tertutup, kemudian hasilnya dituangkan dalam berita acara penetapan calon, dan dibuatkan dalam bentuk surat keputusan tentang penetapan paslon Bupati-Wabup Malaka untuk Pilkada 2020.

“Jadi kegitan hari ini adalah puncak dari rangkaian proses pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Malaka tahun 2020, adalah penetapan pada hari ini, 23 September,” ungkap Yosep.

Menurutnya, sesuai PKPU, penetapan ini sudah melalui rangkaian kegiatan pencalonan, mulai dari pendaftaran pada 4 – 6 September, kemudian dilanjutkan dengan verifikasi terhadap dokumen pencalonan dan dokumen syarat calon. Khusus untuk dokumen syarat calon, pihaknya lakukan verifikasi terhadap kelengkapan dan keabsahan tanggal 6 – 12 September, kemudian hasilnya berupa berita acara dalam formulir Model B A HP KWK dan lampirannya, diserahkan ke paslon dan partai politik pengusung bakal calon serta ke Bawaslu Malaka.

“Hari ini (23/9) kita melakukan rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Malaka, dan hari ini kami sudah menetapkan dalam rapat pleno yaitu pasangan calon dr. Stefanus Bria Seran-Wandelinus Taolin (SBS-WT), dan pasangan calon Dr. Simon Nahak-Loise Lucki Taolin (SN-KT),” ungkapnya.

Yosep menjelaskan bahwa dalam penetapan tersebut, hadir beberapa pihak terkait termasuk Bawaslu, Kepolisian, TNI, Pers maupun penghubung paslon. Meski demikian, KPU tetap dan Wajib mengumumkan dokumen SK penetapan paslon lewat laman atau website resmi KPU, dan melaui media baik cetak maupun online.

Setelah penetapan paslon, Yosep mengatakan, Kamis (24/9) adalah tahapan penarikan nomor urut paslon. Penarikan nomor urut ini sesuai jadwal tahapan Pilkada yang diatur dalam PKPU nomor 5 Tahun 2020.

“Jadi akan digelar agenda penarikan nomor urut pasangan calon pada tanggal 24 September,” katanya.

Yosep menegaskan bahwa dalam acara penarikan nomor urut paslon besok (24/9), diharapkan tidak mengerahkan massa. KPU mengundang dengan mambatasi jumlah orang. Ini tujuannya untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (mg30)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top