Usai Pleno Tertutup, KPU Manggarai Sambangi Paslon dan Serahkan SK Penetapan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Usai Pleno Tertutup, KPU Manggarai Sambangi Paslon dan Serahkan SK Penetapan


SERAHKAN SK. Ketua KPU Manggarai, Hartono (kanan) saat menyerahkan SK penetapan paslon Pilkada serentak 2020 kepada paslon petahana Deno-Madur di Sekretariat Tim Pemenangan, di Kelurahan Satar Tacik, Kecamatan Langke Rembong, Rabu (23/9). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

POLITIK

Usai Pleno Tertutup, KPU Manggarai Sambangi Paslon dan Serahkan SK Penetapan


Kapolres Ingatkan Paslon Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manggarai akhirnya menetapkan dua pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) untuk Pilkada serentak 2020. Penetapan dilakukan melalui rapat pleno tertutup, Rabu (23/9) pagi.

Dua paslon yang ditetapkan sebagai kandidat untuk berlaga pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang, yakni paslon petahana Deno Kamelus-Viktor Madur (Paket Deno-Madur), dan Paslon Herybertus Nabit-Heribertus Ngabut atau paket Hery-Heri. Penetapan dituangkan dalam surat keputusan (SK) KPU Manggarai nomor; 71/HK.03.1-Kpt/5310/Kab/IX/202.

Terpantau, sekira pukul 10.30 pihak KPU Manggarai mendatangi sekretariat pemenangan paket Deno-Madur di Kelurahan Satar Tacik, Kecamatan Langke Rembong. Mereka datang membawa SK penetapan calon Bupati-Wabup, dan langsung diserahkan ke cabup Deno Kamelus oleh Ketua KPU Manggarai, Thomas A. Hartono. Saat penyerahan itu Deno didampingi Cawabup Viktor Madur.

Selanjutnya, sekira pukul 11.30 Wita, KPU menyerahkan SK ke Paslon Hery-Heri di sekretariat pemenangan di Kelurahan Waso, Kecamatan Langke Rembong. SK diterima langsung Cabup Herybertus Nabit didampingi Cawabup Heribertus Ngabut.

Acara penyerahan SK untuk dua paslon ini dihadiri Ketua Bawaslu Manggarai, Marselina Lorensia bersama anggota, Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigdo, SH.,S.I.K, Dandim 1612 Manggarai Letkol Kav Ivan Alfa, pimpinan Partai Politik (Parpol) pengusung, dan tim pemenang.

Terpantu di sekretariat masing-masing paslon, tidak banyak orang yang hadir. Mereka mengikuti protokol kesehatan. Tidak ada upacara konvoi dari pendukung masing-masing paslon. Acaranya dijaga ketat aparat keamanan dari Polres Manggarai dan Kodim 1612/Manggarai.

“Tadi pagi kami komisioner KPU telah melakukan pleno tertutup untuk menetapkan dua paslon. Hasilnya, paket Deno-Madur dan Hery-Heri, memenuhi syarat sebagai calon Bupati dan Wabup di Pilkada Manggarai 2020,” ujar Ketua KPU Manggarai, Hartono, kepada TIMEXKUPANG.com usai penyerahan SK ke paslon.

Menurut Hartono, mekanisme penetapan pasangan calon digelar melalui pleno tertutup mengacu pada PKPU Nomor 9 Tahun 2020 pasal 68. Pilkada sebelumnya rapat pleno penetapan calon dilakukan secara terbuka. Pleno tertutup itu kata Hartono, berlangsung di kantor KPU Manggarai, Kelurahan Pau, Kecamatan Langke Rembong.

“Pleno ini untuk mengurangi kurumunan. Sehingga SK hasil Pleno itu, kami yang sambangi ke sekretariat paslon. Sementara untuk penarikan nomor urut, Kamis (24/9) tetap dilakukan pleno terbuka di aula MCC Ruteng. Lanjut dengan kampanye damai. Tapi peserta yang hadir, tetap dibatasi juga,” Kata Hartono.

Dia berharap kepada masing-masing Paslon, untuk bisa sama-sama mengikuti ketentuan yang ada. Khususnya untuk tidak perlu membawa masa dan melakukan konvoi. Demi terhindar dari penyebaran covid-19. Selain itu berharap untuk bersama menciptakan Pilkada damai dan aman.

Sementara Kapolres Manggarai, AKBP Mas Anton Widyodigdo, SH.,S.I.K, meminta kepada masing-masing paslon, agar pengerahan masa tidak boleh ada lagi, seperti yang terjadi saat melakukan pendaftaran di KPU. Tentu sesuai maklumat Kapolri, pihaknya akan bertindak tegas, jika di lapangan tetap ditemukan kerumunan masa.

“Kami mohon dukungan dari Paslon dan juga tim, untuk bisa patuhi ketentuan ini. Tidak boleh ada lagi pawai. Mengingat jumlah postif Covid-19 di Manggarai sudah banyak. Sehingga apa yang sudah diatur dan diterapkan, harus diikuti,” imbau Kapolres Anton.

Hal yang sama Ketua Bawaslu, Marselina Lorensia, menyampaikan proficiat kepada dua paslon yang sudah resmi ditetapkan sebagai calon Bupati dan Wabup untuk bertarung di Pilkada Manggarai 2020. Bawaslu Manggarai akan lebih giat lagi bekerja dalam hal pengawasan. Termasuk pengawasan dalam ketentuan protokol kesehatan.

“Kami harap Paslon bersama tim, untuk patuhi ketentuan yang ada. Seperti penerapan protokol kesehatan. Jika tidak diindahkan, maka kami akan bertindak. Kita akan awasi semua, karena itu perintah aturan. Bawaslu sangat berharap kerja sama dan pengertiannya agar semua taat dan tidak keluar dari koridor aturan yang berlaku,” tandas Marselina. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top