Warga Kota Lama, Ketahui SOP untuk Kegiatan Mengumpulkan Massa | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Warga Kota Lama, Ketahui SOP untuk Kegiatan Mengumpulkan Massa


RAPAT TANGKAL COVID-19. Forkopimcam dan lurah serta Satuan Tugas Covid-19 di Kecamatan Kota Lama menggelar rapat dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah kecamatan itu, Selasa (21/9). (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Warga Kota Lama, Ketahui SOP untuk Kegiatan Mengumpulkan Massa


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan lurah serta Satuan Tugas Covid-19 Kecamatan Kota Lama, menggelar rapat dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah itu, Selasa (21/9). Rapat itu digelar di aula Kantor Camat Kota Lama.

Hadir Camat Kota Lama, Semmi Messakh, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji, Kepala Puskesmas Pasir Panjang dan Kupang Kota, Lurah se-kecamatan Kota Lama, Babinsa, dan Babinkantibmas, Dispenduk dan Kesbangpol.

Camat Kota Lama, Semmi Messakh, mengatakan, rapat ini digelar setelah melihat meningkatnya pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kota Kupang.

“Kegiatan ini melibatkan berbagai sektor, terutama gugus tugas kelurahan, Kapolsek Kelapa Lima dan Danramil, tujuannya untuk menghasilkan produk yang dikeluarkan dari pihak kelurahan sebagai bentuk intervensi lokal untuk semua kegiatan yang melibatkan orang banyak,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pertemuan ini untuk menghasilkan aturan atau prosedur operasi standar (SOP) bagi setiap kegiatan yang melibatkan orang banyak di luar dari kegiatan duka cita. Misalnya kegiatan pesta, kumpul keluarga, dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya yang melibatkan banyak orang atau mengumpulkan massa yang bertentangan protokol kesehatan Covid-19 bisa diintervensi oleh masing-masing kelurahan sesuai aturan yang sudah ditetapkan.

“Jadi setiap kegiatan yang melibatkan masa dapat diintervensi dan diatur secara baik oleh masing-masing kelurahan sesuai dengan petunjuk atau SOP yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Semmi berharap, dengan adanya aturan ini, semua masyarakat khususnya di Kecamatan Kota Lama dapat mengikuti instruksi yang ada dan tetap menjaga diri agar terhindar dari penularan virus korona (Covid-19).

“Semua warga harus bisa mengikuti aturan ini untuk menjaga kenyamanan bersama dan kepentingan kesehatan semua masyarakat,” tegasnya.

Semmi menyebutkan, berdasarkan hasil rapat, disepakati bersama beberapa aturan untuk ditindaklanjuti di semua kelurahan, yaitu semua Kelurahan bersedia mengikuti dan menaati protokol kesehatan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 9 tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Permendagri nomor 20 tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19 serta Perwali nomor 18 tahun 2020 tentang Juknis Pelaksanaan Tatanan Norma Baru yang produktif dan aman Covid-19 di wilayah Kota Kupang.

Secara lebih teknis, kata Semmi, ada beberapa aturan yang disepakati yaitu membatasi jumlah orang yang menghadiri kegiatan dimaksud tidak lebih dari 30 orang. Seluruh peserta kegiatan wajib menggunakan masker, penerapan social distancing dan physical distancing.

“Menyediakan alat pencuci tangan, masker, sabun dan hand sanitizer, tidak melaksanakan hiburan musik yang mengakibatkan banyak orang berkumpul dan mengganggu kenyamanan warga lainnya yang sementara beristirahat serta bersedia dipantau oleh gugus tugas Covid-19 kelurahan maupun Kota Kupang,” urainya.

Semmi Messakh menegaskan, durasi waktu untuk kegiatan yang mengumpulkan banyak orang selain kegiatan duka cita, hanya dibolehkan berlangsung selama tiga jam terhitung sejak jam dimulainya kegiatan hingga selesai. Kegiatan tersebut dapat dibubarkan tepat pada jam sesuai surat pernyataan yang dibuat. “Yang mengumpulkan banyak orang harus bersedia dibubarkan oleh pihak keamanan bilamana telah melebihi jam sesuai surat pernyataan yang dibuat nanti,” kata Semmi. (mg25)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top