Paslon Deno-Madur No. 1, Hery-Heri No. 2, Ketua KPU: Jadilah Negarawan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Paslon Deno-Madur No. 1, Hery-Heri No. 2, Ketua KPU: Jadilah Negarawan


Pasangan Deno-Madur (kanan) dan paket Hery-Heri memperlihatkan nomor urut paslon usai pengundian di aula MCC Ruteng, Kelurahan Mbaumuka, Kecamatan Langke Rembong, Kamis (24/9). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

POLITIK

Paslon Deno-Madur No. 1, Hery-Heri No. 2, Ketua KPU: Jadilah Negarawan


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Pleno pengundian nomor urut untuk Pilkada Manggarai oleh KPU Manggarai berlangsung aman dan lancar, Kamis (24/9). Dua paslon yang telah ditetapkan KPU Manggarai pada Rabu (23/9), hadir dalam tahapan itu dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Calon Kepala Daerah (Cakada) Deno Kamelus-Viktor Madur (Paket Deno-Madur) dan pasangan Herybertus Nabit-Heribertus Ngabut (Paket Hery-Heri) tampak mengenakan masker, face shield, dan sarung tangan. Begitu pun dengan komisioner KPU setempat.

Terpantau, pengundian dan penetapan nomor urut ini, berlangsung secara terbuka di aula MCC Ruteng, Kelurahan Mbaumuka, Kecamatan Langke Rembong. Pleno terbuka ini dipimpin Ketua KPU Manggarai, Thomas Aquino Hartono, didampingi empat komisioner lainnya. Tampak hadir dalam pleno terbuka itu, Sekda Manggarai Fansi Jahang, Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigdo, Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav Ivan Alfa, Ketua Bawaslu Marselina Lorensia, Ketua Pengadilan Manggarai, dan perwakilan Kejari Manggarai.

Hadir juga tokoh agama, pimpinan Partai Politik (Parpol) pengusung, dan tim pemenang masing-masing Cakada. Acaranya di jaga ketat oleh aparat keamanan dari Polres Manggarai dan Kodim 1612/Manggarai.

Dalam pengundian itu, paslon Deno-Madur mendapatkan nomor urut 1, sedangkan paslon Hery-Heri menarik nomor 2.

“Nomor urut berapun yang didapat, terimalah dengan ikhlas. Kemenagan tidak tergantung kepada nomor urut. Visi-misi hal yang penting disampaikan ke masyarakat Manggarai,” kata Ketua KPU Manggarai, Thomas Aquino Hartono, dalam sambutannya usai penarikan nomor urut cakada.

Hartono mengajak seluruh paslon untuk menjadi negarawan. Pemimpin dan negarawan sejati tidak mungkin mengorbankan masyarakat untuk kepentingan kampanye selama pemilihan. Hartono juga tegaskan bahwa partai politik memiliki tanggung jawab yang sangat besar terhadap kualitas para pempimpin nantinya di Manggarai.

BACA JUGA: Usai Pleno Tertutup, KPU Manggarai Sambangi Paslon dan Serahkan SK Penetapan

Hartono berharap, para paslon, tim kampanye/tim pemenang serta para pimpinan partai politik untuk tidak boleh melakukan hal-hal yang dapat mencederai integritas Pilkada Manggarai. Hentikan segala bentuk money pokitik. Jauhi segala bentuk fitnah, hindari segala bentuk agitasi, dan provokasi.

“Kami berharap jauhi semua hal ini yang dapat menyebabkan terganggunya keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat. Sisi lain, mari kita lakukan pendidikan politik terhadap rakyat dan bertarunglah dengan jujur,” kata Hartono.

Sebagai umat beragama, kata Hartono, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melihat segala gerak gerik semua orang. Sehingga apapun motivasi cakada untuk maju di Pilkada Manggarai, baik atau buruk, Tuhan pasti mengetahuinya. “Pada akhirat kelak semua pasti diminta pertanggungjawaban terhadap segala apa yang telah dilakukan,” ujarnya.

Cabup Herybertus kepada wartawan usai penarikan nomor urut mengatakan, nomor 2 ini sesuai harapanya. Nomor ini juga melambangkan keseimbangan dalam mengelola pemerintahan. Kode alam, dimana tidak menginginkan dua periode. Sehingga angka 2 untuk memutuskan mata rantai kemunduran yang dialami di Manggarai dalam 5 tahun terakhir.

“Pertarungan intinya pada tidak majunya situasi pembangunan dan kesejahteraan di Manggarai. Situasi ini pasti masyarakat Manggarai bisa melihatnya,” kata Herybertus.

Sementara Cabup Deno Kamelus mengatakan, nomor urut 1 merupakan lambang kejuaraan dan unggul. Ini mengulangi lagi nomor urut pada Pilkada 2015, dimana Paket Deno-Madur mendapat nomor urut 1, dan terbukti saat itu menang. Sehingga ini juga nomor yang sudah dikasih dari atas (Tuhan, Red). Dia pun berharap kepada penyelenggara untuk profesional demi tercipta Pilkada yang baik, aman, damai, dan sehat.

“Nomor 1 ini yang dicari, dan nomor ini yang kita berdoa. Terima kasih kepada penyelenggara, Bawaslu, aparat polisi dan TNI, sampai tahap ini mereka sudah bekerja sangat profesional. Berharap ke depan tetap melaksanakan hal serupa,” ungkap Cabup petahana ini. (Krf3)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top