Akui Hadir Bersama Paket Kita Sehati di Noetoko, Raymundus: Bukan Direncanakan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Akui Hadir Bersama Paket Kita Sehati di Noetoko, Raymundus: Bukan Direncanakan


BANTAH BERPOLITIK PRAKTIS. Foto yang beredar dimana terdapat sosok Raymundus Thall (ketiga kiri), seorang ASN pejabat eselon II di TTU tampak bersama paslon Kita Sehati dalam sebuah kegiatan di Noetoko belum lama ini. Raymundus membantah dirinya tak berpolitik praktis. (FOTO: ISTIMEWA)

POLITIK

Akui Hadir Bersama Paket Kita Sehati di Noetoko, Raymundus: Bukan Direncanakan


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Polemik beredarnya foto sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Timor Tengah Utara (TTU) yang diduga terlibat dalam kegiatan politik praktis dengan mengarahkan dukungan kepada pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati TTU, Kristina Muki-Yosep Tanu (Paket Kita Sehati) di Pilkada TTU 2020 akhirnya terjawab.

Asisten Administrasi Setda TTU, Raymundus Thall ketika dikonfirmasi Timor Express, Selasa (22/9) malam terkait foto dirinya bersama paslon Kita Sehati di Noetoko, Kecamatan Miomaffo Barat tak membantah. Raymundus membenarkan bahwa dia salah satu yang ada dalam foto yang beredar itu. Hanya Raymundus tak tahu siapa yang menyebarkan foto itu, dan juga membantah bahwa keberadaannya di lokasi itu bukan karena direncanakan, namun hanya momentumnya yang sama.

Raymundus Thall menjelaskan bahwa saat itu, Jumat (18/9), ia selaku Sekertaris Panitia Perayaan HUT Kota Kefamenanu melakukan upacara adat di Rumah Adat Suku Kono untuk acara pelepasan peserta napak tilas yang akan menjajaki sejarah perjalanan Kota Kefamenanu dari Noetoko sampai ke Kota Kefamenanu saat ini.

“Saya sebagai sekretaris panitia perayaan HUT Kota ke-98 Kefamenanu yang bertugas untuk memantau seluruh kegiatan dalam rangka hari ulang tahun tersebut dimana pada tanggal 18 September ada ritual adat untuk pelepasan napak tilas saat itu,” jelas Raymundus.

Menurut Raymundus, kegiatan adat untuk pelepasan peserta napak tilas tersebut dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata TTU dengan Menghadirkan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes bersama sejumlah pimpinan perangkat daerah.

Saat itu, lanjut Raymundus, paslon Bupati-Wabup TTU, Kristina Muki-Yosep Tanu juga memiliki agenda kegiatan yang sama di rumah adat Suku Kono tersebut. Meski demikian, Raymundus yang mengakui sebagai pemilik rumah adat Kono tersebut tidak mengetahui jadwal dan kedatangan dari paslon Kita Sehati untuk melakukan ritual adat.

“Saat itu kita di dalam untuk kegiatan adat pelepasan napak tilas dan saya pemilik rumah adat maka setiap tahun kalau dilakukan kegiatan napak tilas dan upacara adat maka kami harus berada di situ sehingga bersamaan dengan itu ada posting. Saya juga tidak tahu postingan dari mana itu saya juga tidak tahu,” elaknya.

BACA JUGA: Beredar Foto Pejabat Eselon II TTU Dukung Paket Kita Sehati

Sementara, Kepala Dinas Peternakan TTU Fransiskus Fay ketika dikonfirmasi Timor Express melalui telepon Seluler, Rabu (23/9) tidak merespon pesan wartawan media. Bahkan Pesan singkat yang dikirim wartawan pun tidak digubris.

Sebelumnya, sejumlah ASN lingkup Pemkab TTU diduga terlibat politik praktis dengan mengarahkan dukungan kepada paket Kita Sehati di Pilkada TTU 2020.

Dugaan ini dibuktikan dengan beredarnya beberapa foto yang memperlihatkan adanya keterlibatan ASN dalam aktifitas politik Paket Kita Sehati. Termasuk terlibat mengumpulkan masyarakat untuk menemui paket Kita Sehati saat sosialisasi politik di beberapa wilayah.

Misalnya Asisten Administrasi Setda TTU, Raymundus Thall bersama Kepala Dinas Peternakan TTU, Fransiskus Fay mendapingi Kristina Muki dan Yosep Tanu saat safari politik di Desa Noetoko, Kecamatan Miomaffo Barat belum lama ini.

Selain kedua pejabat eselon dua tersebut, terdapat ASN di Dinas Pertanian TTU, Petrus Bano yang mendampingi Yosep Tanu saat safari politik di Desa Nansean, Kecamatan Insana. (mg26)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top