Semua Yakin Menang, Ini Arti Nomor Urut Bagi 3 Paslon Kada di TTU | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Semua Yakin Menang, Ini Arti Nomor Urut Bagi 3 Paslon Kada di TTU


INI NOMOR KAMI. Tiga Cabup TTU (Dari kiri) Frengky Saunoah (Nomor 2), Kristina Muki (Nomor 1), dan David Juandi (Nomor 3) memperlihatkan nomor paslon mereka saat penarikan nomor urut di aula Hotel Ariesta, Kefamenanu, Kamis (24/9). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

POLITIK

Semua Yakin Menang, Ini Arti Nomor Urut Bagi 3 Paslon Kada di TTU


Ketua KPU TTU: Nomor Urut Bukan Penentu Kemenangan

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) sukses menggelar Rapat Pleno Terbuka dengan agenda pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati TTU tahun 2020 yang berlangsung di aula Hotel Ariesta Kefamenanu, Kamis (24/9).

Peserta yang hadir dalam Rapat Pleno Terbuka tersebut yakni Ketua KPU TTU bersama anggota, Ketua Bawaslu TTU bersama anggota, masing-masing paslon Bupati-Wakil Bupati TTU didampingi pimpinan partai politik pengusung dan tim penghubung.

Pantauan langsung Timor Express, Kamis (24/9), pelaksanaan Rapat Pleno Tebuka pengundian dan penetapan nomor urut paslon kepala daerah (Kada) dilangsungkan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 dan dikawal ketat aparat keamanan dari pihak Kepolisian maupun TNI.

Peserta yang masuk ke aula Rapat Pleno pun dibatasi, dimana masing- masing paslon berjumlah enam orang. Rinciannya dua orang paslon didampingi empat orang pimpinan parpol pengusung dan tim penghubung.

Dalam pengundian dan pengambilan nomor urut itu, paslon Kristina Muki-Yosep Tanu (Paket Kita Sehati) memperoleh nomor urut satu, diikuti pasangan Hendrikus Frengky Saunoah-Amandus Nahas (Paket Fresh) yang memperoleh nomor dua, dan paslon David Djuandi-Eusebius Binsasi (Paket Desa Sejahtera) merperoleh nomor urut tiga.

Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka usai pleno pengundian kepada Timor Express, Kamis (24/9) mengatakan, sesuai Undang Undang nomor 6 tahun 2020 pasal 201 mengamanatkan bahwa pelaksanaan pemungutan suara pemilihan Bupati-Wakil Bupati dilangsungkan pada 9 Desember 2020.

Menindaklanjuti amanat UU Nomor 6 tahun 2020 tersebut, kata Paulinus, KPU telah menyelesaikan beberapa tahapan dan siap menuntaskan beberapa tahapan ke depan dalam menyukseskan pesta demokrasi Pilkada TTU 2020.

“Tahapan-tahapan yang telah dilaksanakan adalah perekrutan panitia ad hoc, kemudian proses pendaftaran dan penetapan calon bupati dan wakil bupati, pengundian dan pengambilan nomor urut. Selanjutnya kita akan memasuki masa kampanye,” ujar Paulinus.

Menurut Paulinus, keberhasilan suatu Pilkada merupakan tanggung jawab bersama berbagai pihak. Terdapat tiga unsur penting yang berperan aktif dalam menyukseskan Pilkada TTU 2020, yakni penyelenggara Pemilu, masyarakat pemilih, dan peserta pemilihan.

Untuk itu, kata Paulinus, KPU memastikan penyelenggara pemilihan semuanya telah siap untuk melaksanakan tahapan Pilkada TTU 2020. Sedangkan untuk masyarakat pemilih, KPU sementara melakukan perbaikan terhadap daftar pemilih sementara dan akan ditetapkan kemudian.

“Tiga unsur penting ini sangat menentukan terpilihnya pemimpin yang baik dan berintegritas. Pemilu berintegritas dihasilkan dari tiga komponen penting ini, yakni penyelenggara berintegritas, masyarakat berintegritas, dan peserta pemilihan yang berintegritas,” ungkap Paulinus.

BACA JUGA: KPU TTU Tetapkan Tiga Pasangan Cakada, Paulinus: Segera Lapor Rekening Dana Kampanye

Paulinus menjelaskan, tahapan pengundian dan penetapan nomor urut bagi paslon Bupati-Wabup TTU yang telah dilaksanakan tersebut merupakan salah satu tahapan yang telah dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Paulinus menegaskan bahwa nomor urut bukanlah penentu kemenangan, tetapi nomor urut akan menjadi elemen yang melekat yang akan menjadi identitas paslon dalam proses-proses ke depan hingga sampai ke penetapan Bupati-Wabup TTU terpilih.

“Memang sekarang angka tidak menentukan kemenangan tapi menjadi elemen yang sangat penting yang akan melekat dalam pasangan calon sampai penetapan calon terpilih,” jelasnya.

Sementara, Cabup TTU Nomor Urut 1, Kristina Muki kepada Timor Express, Kamis (24/9) menyampaikan terima kasih kepada pihak penyelenggara dan seluruh paslon lainnya yang telah mengikuti tahapan Pilkada TTU khususnya pengundian dan pengambilan nomor urut.

Menurut Kristina, nomor urut 1 bagi paket Kita Sehati melambangkan perjuangan dan kemenangan. Oleh sebab itu dirinya optimistis bisa meraih kemenangan dalam Pilkada TTU mendatang.

“Nomor 1 merupakan nomor keberuntungan kami dan saya yakin kita pasti menang,” ungkap Kristina.

Cabup TTU dengan nomor urut 2, Hendrikus Frengky Saunoah mengaku memaknai nomor dua dalam tiga hal, yaitu, kemenangan, kedamaian, dan persaudaraan.

Menurut Frengky, dua sering dilambangkan sebagai viktoria atau kemenangan. Angka dua juga dilambangkan sebagai kedamaian atau peace. Angka yang sama juga dimaknai sebagai persaudaraan.

“Kami yakin nomor dua akan membawa kami menuju kemenangan dalam Pilkada TTU 2020. Kemenangan kami akan membawakan kedamaian sekaligus persaudaraan bagi seluruh masyarakat Kabupaten TTU,” terang Frengky.

Sedangkan Cabup TTU nomor urut 3, David Djuandi mengaku, sangat senang bisa mendapatkan nomor urut tiga dalam pengundian itu. Pasalnya, nomor tiga merupakan nomor yang diinginkan paket Desa Sejahtera. Angka tiga melambangkan tiga Swapraja yang ada di TTU. Angka yang sama juga melambangkan tiga partai besar yang mengusung paket Desa Sejahtera.

“Kami berdoa agar bisa dapat nomor 3 dan hari ini dikabulkan. Kami yakin nomor tiga akan membawa kami kepada kemenangan,” ujar David. (mg26)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top