Enam Pasien Covid-19 di Manggarai Sembuh, 16 Masih Rawat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Enam Pasien Covid-19 di Manggarai Sembuh, 16 Masih Rawat


Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Manggarai, Lody Moa. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Enam Pasien Covid-19 di Manggarai Sembuh, 16 Masih Rawat


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak enam orang pasien terpapar Covid-19 di Kabupaten Manggarai, yang selama ini menjalani isolasi terpusat di Wisma Atlet Golo Dukal, Kota Ruteng, sudah bisa pulang ke rumah karena dinyatakan sembuh. Kepastian pasien sembuh ini berdasarkan hasil pemeriksaam PCR Laboratorium Biologi Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang.

“Kita sudah terima hasil pemeriksaan PCR lanjutan dari laboratorium Covid-19 di Kupang. Enam orang pasien Covid-19, hasilnya negatif dan dinyatakan sembuh,” ujar Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Manggarai, Lody Moa, kepada wartawan di Ruteng, Jumat (25/9).

Menurut Lody, pihaknya menerima hasil itu dari Kupang per 25 September 2020. Dimana ada 10 swab lanjutan yang diperiksa. Hasil pemeriksaan pun berbeda, karena ada yang dinyatakan negatif, dan juga ada hasil yang masih positif. Artinya belum sembuh. Selain itu ada juga sampel swab yang belum ada hasilnya.

“Lebih lengkap pemeriksaan swab dari 10 orang ini, enam negatif, tiga masih positif dan satu sampel swab masih menunggu hasilnya karena belum keluar. Apa yang disampaikan ini, merupakan perkembangan penanganan pasien Covid-19 yang diisolasi di Wisma Atlet Golo Dukal,” kata Lody.

Dikatakanya, hasil pemeriksaan PCR terbaru ini merupakan lanjutan, guna memastikan seseorang telah dinyatakan bebas Covid-19 atau tidak. Tentu sesuai aturanya, seorang dinyatakan sembuh dari Covid-19, setelah beberapa kali pemeriksaan PCR-nya negatif. Jika masih positif, maka belum dinyatakan sembuh.

Menurut Lody, pasien yang sudah dinyatakan sembuh itu, yakni dari klaster Cireng sejumlah 5 orang. Masing-masing mereka adalah DK, YA, dan EDD. Semuanya juga yang beralamat di Desa Poco Likang. Lalu dua pasien yang sembuh, yakni MPG, dan JCCT yang beralamat Desa Rai, Kecamatan Ruteng. Kemudian satunya lagi dari Kecamatan Cibal berinisial HN.

“Mereka enam orang yang dinyatakan sembuh ini, telah diantar ke kampung halamannya sesuai protokol kesehatan. Kami tetap mengimbau mereka untuk sementara tetap di rumah dulu, juga tetap mengikuti imbauan dari pemerintah,” bilang Lody.

Lanjut dia, untuk klaster Cireng, masih ada tiga orang yang dinyatakan positif. Sesuai aturan, maka mereka ini masih tetap dalam perawatan dalam karantina terpusat di Wisma Atlet Golo Dukal Ruteng, bersama yang lainnya sebanyak 16 orang. Dimana total pekan lalu, pasien Covid-19 yang diisolasi dan rawat di Wisma Atlet Golo Dukal itu sejumlah 27 orang.

“Sampai saat ini jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Manggarai berjumlah 27 Orang. Dimana yang sudah sembuh sebanyak 10 orang, yang meninggal 1 orang, yang masih di rawat sebanyak 16 orang. Kita berdoa, yang masih rawat ini cepat sembuh. Juga kita berdoa, supaya tidak ada lagi warga yang terkonfirmasi Covid-19,” harapanya.

Tentu Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, terus bekerja untuk memastikan penularan Covid-19 bisa teratasi. Salah satu yang dilakukan, yakni tracing dan pengawasan terhadap pelaku perjalanan dari daerah terpapar Covid-19. Semua itu tujuanya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Peran semua masyarakat Manggarai sangat dibutuhkan. “Disini kita tingkatkan kerja sama, kepedulian serta kewaspadaan. Kita bersama awasi dan laporkan setiap persoalan terkait Covid-19. Tidak kalah penting, patuhi setiap protokol kesehatan,” pungkas Lody.

Seebelumnya Bupati Manggarai, Deno Kamelus mengharapkan pasien yang belum sembuh tetap menjalani proses isolasi dengan baik, agar bisa sehat atau sembuh. Selama ini warga yang positif dan dilakukan karantina terpusat, bisa sembuh. Setelah dinyatakan sembuh, baru bisa kembalikan ke keluarga.

“Harapannya, setelah kembali ke kampung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak hingga tidak suka kumpul-kumpul,” katanya. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top