Warga Besnam: Berbeda Wilayah, tapi Kami Bersaudara | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Warga Besnam: Berbeda Wilayah, tapi Kami Bersaudara


DUKUNG PILKADA DAMAI. Masyarakat Desa Besnam, Kecamatan Fatukopa, TTS mendeklarasikan dukungan Pilkada damai untuk Malaka, Sabtu (26/9). (FOTO: ISTIMEWA)

POLITIK

Warga Besnam: Berbeda Wilayah, tapi Kami Bersaudara


Masyarakat TTS Dukung Pilkada Damai di Malaka

SOE, TIMEXKUPANG.com-Langkah positif dan terpuji dilakukan masyarakat Desa Besnam, Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Sebagai desa tetangga yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Malaka, warga setempat tahu bahwa tetangganya sedang ada hajatan besar, yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Sebagai wujud dukungan moril agar proses politik memilih pemimpin daerah itu berlangsung aman dan lancar, pemerintah desa dan tokoh masyarakat Desa Besnam, mendeklarasikan dukungan Pilkada damai bagi Malaka di Desa Besnam, Sabtu (26/9).

Kepala Desa Besnam, Ayub Taneo pada kesempatan itu mengatakan, kultur atau budaya masyarakat Desa Besnam nyaris mirip dengan masyarakat Malaka. Pasalnya aktifitas masyarakat dan juga interaksi dalam berbagai bidang, hampir setiap saat selalu berkaitan. Karena wilayah mereka berbatasan langsung dengan Malaka, sehingga dampak proses Pilkada di wilayah itu terasa hingga ke Desa Besnam.

“Kami tinggal di batas sehingga aktifitas kami dengan masyarakat Malaka hampir selalu berkaitan. Apalagi sudah saling kawin-mawin antara masyarakat Malaka dan masyarakat TTS, sehingga pengaruh masyarakat TTS terhadap Pilkada Malaka tentu sedikit, tapi pasti ada. Untuk itu, kami mendukung Pilkada damai di Malaka,” kata Ayub.

Sebagai kepala wilayah, lanjut Ayub, ia juga mengimbau masyarakat Desa Besnam agar tidak mengikuti aktifitas apapun yang berkaitan dengan proses politik Pilkada Malaka.

Ia meminta seluruh masyarakat Desa Besnam agar turut aktif menjaga kemanan dan ketertiban wilayah, agar kehidupan bermasyarakat tetap berjalan normal seperti biasanya. “Daerah kami boleh beda (Malaka-TTS, Red), tapi kami tetap bersaudara,” ucap Ayub.

Marten Fae, salah satu tokoh masyarakat Desa Fatukopa menuturkan, masyarakat Desa Besnam dan masyarakat Malaka dalam melaksanakan aktifitas, selalu bersama-sama. Apalagi masyarakat Desa Besnam saling kawin-mawin, sehingga kultur masyarakat Desa Besnam hampir sama dengan masyarakat Malaka. Maka dari itu, sebagai bentuk dukungan masyarakat TTS untuk Pilkada Malaka, mereka bersepakat menyatakan dukungan Pilkada damai di Malaka.

Marten berharap, Pilkada di Malaka berlangsung dengan aman dan damai, sehingga wilayah Malaka maupun wilayah TTS tetap aman dan damai, agar aktifitas masyarakat tidak terganggu. “Kami masyarakat TTS yang tinggal di batas TTS dan Malaka, dukung untuk Pilkada di Malaka berjalan damai dan aman,” tandas Marten. (yop)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top