SK Guru Kontrak TTU di Meja Bupati, Raymundus: Gaji Dibagikan Oktober | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

SK Guru Kontrak TTU di Meja Bupati, Raymundus: Gaji Dibagikan Oktober


Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

SK Guru Kontrak TTU di Meja Bupati, Raymundus: Gaji Dibagikan Oktober


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Raymundus Sau Fernandes berjanji akan segera membayar upah atau gaji dari para guru kontrak daerah di kabupaten itu.

“SK (Surat Keputusan, Red) sudah ada di meja saya. Tinggal tanda tangan saja. Saya janji akan membagikan SK dan gaji mereka di bulan Oktober ini,” janji Raymundus saat diwawancarai sejumlah awak media di Kantor Bupati TTU, Kamis (1/10).

Raymundus mengakui, Pemerintah Daerah terlambat menerbitkan SK bagi 1.712 tenaga guru berstatus kontrak daerah tersebut lantaran terkendala pada proses hukum oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) TTU, yang mana tengah melakukan penyelidikan terhadap kasus dugaan tindak pidana korupsi pengangkatan tenaga kontrak daerah sebagaimana dilaporkan masyarakat.

Namun, lanjut Raymundus, kasus hukum tersebut telah berakhir karena dinyatakan tidak cukup bukti sehingga dihentikan proses hukumnya. Karena itu, lanjutnya, Pemerintah Daerah baru mengambil langkah untuk menerbitkan SK bagi 1.712 guru kontrak tersebut.

“Baru-baru ini proses penerbitan SK-nya terhenti karena sempat ada proses hukum di Kejaksaan. Namun karena proses hukumnya sudah selesai maka SK-nya sudah bisa kita proses lanjut,” ungkap Raymundus.

Bupati dua periode itu menegaskan, seluruh proses administrasi terkait penerbitan SK tenaga kontrak sudah selesai. Dirinya tinggal menandatangani SK tenaga kontrak khusus guru tersebut, maka pembayaran bisa segera dilakukan.

BACA JUGA: Mirisnya Nasib Guru Kontrak di TTU, 9 Bulan Mengabdi Tanpa Upah

Menyinggung ketersediaan anggaran, Raymundus mengaku, Pemkab TTU telah mengalokasikan anggaran untuk membiayai para guru kontrak itu melalui APBD induk tahun anggaran 2020.

“Uangnya ada, sisa SK keluar kita proses pembayarannya. Oktober ini sudah bisa realisasi. Kalau sudah selesai tanda tangan bisa langsung bayar,” jelasnya.

Penjabat Sekda TTU, Fransiskus Tilis yang dikonfirmasi Timor Express belum lama ini membenarkan jika gaji dari para guru kontrak daerah pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO) TTU belum dibayarkan hingga saat ini.

Adapun kendala yang dialami yakni, sampai dengan saat ini Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes belum menandatangi SK. Penerbitan SK kontrak daerah tersebut sempat terganjal dugaan penyimpangan dalam pengangkatan pegawai tidak tetap (PTT) yang dilidik oleh pihak Kejari TTU.

Namun, lanjut Fransiskus, untuk kasus tersebut saat ini sudah dihentikan penanganannya oleh Kejari TTU pasca kerugian negara dalam kasus tersebut dikembalikan ke kas negara.

“Benar, gaji guru kontrak daerah memang hingga saat ini belum dilakukan pembayaran karena terganjal SK pengangkatan. Namun, saat ini semuanya sedang berproses. Kita targetkan Oktober SK pengangkatan guru kontrak daerah sudah bisa dikeluarkan sehingga bisa diikuti dengan pembayaran hak mereka,” kata Fransiskus. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top