Setelah Klaster BPN, Kini Muncul Klaster Perbankan di Kota Kupang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Setelah Klaster BPN, Kini Muncul Klaster Perbankan di Kota Kupang


Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Setelah Klaster BPN, Kini Muncul Klaster Perbankan di Kota Kupang


Update Covid-19 NTT: Tambah 10 Kasus Positif, Sembuh 3

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Kupang terus bertambah.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji mengatakan, berdasarkan data, setiap hari kasus positif korona di Kota Kupang bertambah 3-4 kasus bahkan sampai 6 kasus.

Ernest menyebutkan, pada Kamis (1/10), di Kota Kupang bertambah lagi 6 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab di laboratorium. Rinciannya 5 laki-laki, dan seorang perempuan. Lima pasien laki-laki yang terpapar korona ini merupakan penularan transmisi lokal. Kelima pasien ini sedang dirawat di RST Wira Sakti Kupang. Sedangkan satu pasien perempuan ini merupakan pelaku perjalanan dari Jakarta, dan sekarang sementara menjalani perawatan di RSB Drs. Titus Uly Kupang.

“Lima kasus positif baru tersebut tersebar di Kelurahan Liliba (1 orang), TDM (2 orang), Kelurahan Oepura (2 orang0, dan Kelurahan Fatufeto (1 orang),” beber Ernest saat diwawancarai Kamis (1/10).

Menyinggung perkembangan klaster perkantoran di Kota Kupang, menurut Ernest menyebutkan, selain klaster Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kanwil BPN) NTT, kini bertambah lagi klaster di lingkungan perbankan.

Khusus perkembangan klaster Kanwil BPN NTT, kata Ernest, sampai saat ini sudah dilakukan pemeriksaan swab terhadap 269 orang yang berkontak erat dengan pasien positif sebelumnya. Hasilnya, sebut Ernest, yang terkonfirmasi positif sebanyak 9 orang di Kota Kupang, dan 1 orang di TTU. Sedangkan untuk 252 orang lainnya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

Selain itu, lanjut Ernest, untuk klaster perbankan, saat ini terkonfirmasi sebanyak 4 orang positif Covid-19. Mereka tercatat sebagai karyawan pada dua bank berbeda di Kota Kupang.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Kupang, demikian Ernest, sedang melakukan tracing dan pendalaman kasus untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. Sampai dengan saat ini sudah dilakukan pengambilan sampel swab terhadap 20 orang yang kontak erat dengan empat pasien positif itu, dan tinggal menunggu hasil pemeriksaan di Laboratorium Biologi Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang.

“Sampai saat ini, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Kupang yang masih dirawat di beberapa rumah sakit sebanyak 33 orang. Para pasien ini merupakan kluster pelaku perjalanan, klaster Kanwil BPN NTT, klaster perbankan, dan klaster transmisi lokal,” jelas Ernest seraya menambahkan, saat ini ada sekitar 200 lebih spesimen atau sampe swab yang masih menunggu hasil dari Laboratorium Biologi Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang.

Mengenai potensi penularan Covid-19 di Kota Kupang, Ernest mengatakan, penyebaran virus korona di kota ini masuk kategori sangat tinggi. Ini dilihat dari jumlah kasus terkonfirmasi positif beberapa hari terakhir, misalnya pada Rabu (30/9) terkonfirmasi 4 orang positif, keesokan harinya, Kamis (1/10) naik menjadi 6 orang terkonfirmasi positif.

Terkait tren pasien sembuh, Ernest menyebutkan, untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang sembuh per harinya rata-rata 1 – 3 orang. Hanya saja, angka pertambahan terkonfirmasi positif juga terus meningkat.

“Jadi secara keseluruhan kasus Covid-19 di Kota Kupang sebanyak 86 kasus positif. Dari jumlah itu, 33 orang sementara dalam perawatan, 4 orang meninggal, dan 49 orang sembuh,” sebutnya.

Ernest mengaku, berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang untuk mencegah penularan Covid-19. Upaya itu diantaranya terus berkoordinasi dengan Pemprov NTT untuk melakukan pool test di bandara atau pintu-pintu masuk Kota Kupang, termasuk berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Untuk menekan angka penularan virus korona, tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah semata, tetapi perlu peran serta semua masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keamanan diri sendiri dan melakukan 3M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun,” harapnya.

Tambah 10 Kasus Positif, Sembuh 3

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis Gugus Tugas Penanganan Covid-19 NTT, hingga Kamis (1/10) pukul 16.00 Wita, yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah lagi 10 kasus. Jumlah ini menyebar di empat kabupaten/kota. Rinciannya, Kota Kupang sebanyak 6 kasus positif, terdiri dari 5 kasus transmisi lokal, dan 1 kasus pelaku perjalanan. Selanjutnya Kabupaten Kupang bertambah 1 kasus (Transmisi lokal), Kabupaten Sikka bertambah 2 kasus (1 Kasus transmisi lokal dan 1 kasus pelaku perjalanan dari Kalimantan), dan Kabupaten TTU mucul 1 kasus positif Covid-19 baru penularan transmisi lokal.

Kemarin (1/10), juga ada 3 pasien sembuh, yakni di Kabupaten Sumba Timur dengan 1 pasien sembuh, dan Kota Kupang sebanyak 2 pasien sembuh.

Dengan data ini, hingga kemarin (1/10), total terkonfirmasi positif di NTT berjumlah 439 kasus. Dari jumlah ini, yang masih dirawat atau menjalani isolasi/karantina mandiri sebanyak 147 orang, pasien sembuh 285 orang, dan yang meninggal sebanyak 7 orang. (mg25/aln)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top