WhatsApp Kembali Siapkan Fitur Baru, Namanya Expiring Media | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

WhatsApp Kembali Siapkan Fitur Baru, Namanya Expiring Media


ILUSTRASI. Penggunaan aplikasi perpesanan instan WhatsApp. (FOTO: JawaPos.com/Digital Trends)

OTO & TEKNO

WhatsApp Kembali Siapkan Fitur Baru, Namanya Expiring Media


WhatsApp (WA) kembali dilaporkan sedang mengerjakan fitur baru. Fitur yang sedang dikerjakan WhatsApp kali ini disebut akan memberi pengguna opsi untuk secara otomatis dapat menghapus gambar, video atau GIF setelah kontak mereka melihatnya sekali.

Fitur baru ini dijabarkan dengan nama Expiring Media. Pengguna nantinya bisa mengaktifkan fitur sebelum mereka mengirim media dengan mengetuk tombol di sebelah kotak pesan, menurut WABetaInfo.

Setelah penerima melihat gambar, video atau GIF dan kemudian keluar dari obrolan, itu akan hilang selamanya tanpa meninggalkan bukti atau jejak digital apa pun. Fitur Expiring Media diduga akan hadir di WhatsApp beta untuk Android versi 2.20.2011, yang saat ini ‘dalam pengembangan’ dan tanpa tanggal rilis.

WABetaInfo melaporkan bulan lalu bahwa WhatsApp juga sedang berupaya memperkenalkan pesan yang akan dihapus sendiri setelah jangka waktu tetap satu minggu. Terkait fitur tersebut, WhatsApp masih bungkam dan minim komen.

“WhatsApp baru saja mengirimkan pembaruan baru melalui Program Beta Google Play, membawa versinya ke 2.20.201.1. Saat pengguna memutuskan untuk mengirim media yang kedaluwarsa – gambar, video, dan GIF, media tersebut akan hilang di telepon penerima, setelah dia meninggalkan obrolan,” jelas WABetaInfo.

BACA JUGA: WhatsApp Punya Fitur Baru yang Mudahkan Penggunanya, Seperti Apa?

Seperti sudah disinggung di atas, setelah diaktifkan, pengguna WhatsApp akan diberikan opsi untuk mengirim media yang kedaluwarsa dengan mengetuk tombol Media Kedaluwarsa baru di sebelah kotak pesan. Setelah menekan tombol, fitur tersebut akan diaktifkan untuk media yang dipilih.

Setelah dikirim, gambar disebut akan benar-benar hilang setelah penerima melihatnya dan keluar dari obrolan, meskipun mereka akan menerima pesan peringatan sebelum keluar dari obrolan. Tidak semua gambar, video, atau GIF akan secara otomatis menghapus dirinya sendiri melainkan hanya yang dikirim dengan tombol Expiring Media yang diaktifkan.

Umumnya, ketika pengguna WhatsApp menghapus pesan mereka, mereka digantikan oleh kotak bertuliskan ‘pesan ini telah dihapus’. Tidak seperti ini, media yang dihapus akan benar-benar hilang dari obrolan sebagai bagian dari fitur baru tanpa informasi apapun menurut WABetaInfo.

Umumnya pengguna WhatsApp memiliki opsi untuk menyimpan foto yang dikirim ke camera roll mereka di smartphone mereka. WABetaInfo tidak membahas bagaimana foto yang disimpan tersebut akan dihapus dari rol kamera penerima jika fitur tersebut dihidupkan. Laporan tersebut menambahkan bahwa Expiring Media akan muncul dengan cara yang berbeda dalam percakapan untuk membantu pengguna dengan mudah memahami bahwa gambar akan kedaluwarsa. (jpc/jpg)

Komentar

Berita lainnya OTO & TEKNO

To Top