45 ASN BPN TTU Rapid Test Massal, Ini Hasilnya | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

45 ASN BPN TTU Rapid Test Massal, Ini Hasilnya


Jubir Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 TTU, Kristoforus Ukat. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

45 ASN BPN TTU Rapid Test Massal, Ini Hasilnya


Termasuk 19 Anggota Keluarga Hasil Tracking Pasien Positif Covid-19

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 45 Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menjalani rapid test massal pasca seorang ASN pada kantor tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain 45 ASN, terdapat 19 orang anggota keluarga hasil tracking terhadap pasien positif Covid-19 yang juga ikut pemeriksaan dengan metode rapid test.

Hasilnya, dari 45 ASN BPN tersebut, sebanyak 42 sampel non reaktif sedangkan 3 sampel lainnya reaktif. Sementara untuk 19 anggota keluarga dari pasien positif Covid-19 itu, sebanyak 16 orang hasilnya non reaktif, 3 orang reaktif.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten TTU, Kristoforus Ukat kepada Timor Express, Minggu (4/10) mengatakan, pihaknya melakukan rapid test massal sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di TTU, setelah muncul satu kasus terkonfirmasi positif Covid-19, yakni ASN BPN TTU.

“Jadi menindaklanjuti adanya satu pasien Covid-19 yang saat ini diisolasi di Rusunawa BTN, kita melakukan rapid test massal terhadap ASN di BPN TTU dan sejumlah anggota keluarga sesuai hasil tracking,” jelas Kristoforus.

Kristoforus menyebutkan, pemeriksaan dengan metode rapit test dilakukan terhadap 45 ASN kantor BPN TTU. Hasilnya, 42 orang non reaktif sedangkan 3 orang reaktif rapid test. Sedangkan hasil tracking terhadap anggota keluarga, Tim Gugus Tugas melakukan rapid test terhadap 19 orang, hasilnya, 16 orang non reaktif, tiga orang reaktif.

BACA JUGA: TTU Zona Kuning, 1 Pegawai BPN TTU Terkonfirmasi Covid-19

“Tiga orang ASN Kantor BPN TTU dan tiga anggota keluarga yang hasil rapid test-nya reaktif langsung kita amankan dan menjalani karantina di Rusunawa BTN,” ungkap Kristoforus.

Kristoforus menambahkan, keenam orang yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 dan hasil rapid test-nya reaktif telah dilakukan pengambilan Swab yang akan dikirim ke Laboratorium Biologi Molekuler RSUD Prof Dr. W. Z. Johannes Kupang untuk diuji.

Sementara untuk hasil swab, lanjut Kristoforus, Pihaknya masih akan berkoordinasi dengan RSUD Prof W. Z. Johannes Kupang agar sampel yang telah dikirim segera diteliti dan memberikan hasil kepada Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 TTU.

“Enam orang yang hasil rapid test reaktif langsung kita ambil sampel swab. Sampelnya sudah dikirim ke Kupang untuk diuji dan kita menunggu hasilnya saja. Kalau sudah ada akan kita umumkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes kepada Timor Express, Jumat (2/10) mengatakan, Kabupaten TTU kembali menyandang status zona kuning Covid-19 pasca seorang warga TTU dinyatakan positif Covid-19. Pasien tersebut merupakan ASN pada Kantor BPN TTU.

Sebelum dinyatakan positif, pasien berinisial GT ini memiliki riwayat perjalanan ke BPN NTT guna melakukan tugas kantor. Pada 22 September, GT melakukan swab dan hasilnya baru keluar pada 1 Oktober, yang dinyatakan positif terpapar virus korona. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top