Presiden Jokowi Teken 2 Perpres Baru, Bakal Ada 2 Wamen Lagi | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Presiden Jokowi Teken 2 Perpres Baru, Bakal Ada 2 Wamen Lagi


Presiden Jokowi didampingi Mensesneg melayani wawancara wartawan Januari 2020 lalu. (FOTO: Biro Pers Setpres)

NASIONAL

Presiden Jokowi Teken 2 Perpres Baru, Bakal Ada 2 Wamen Lagi


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani dua Peraturan Presiden (Perpres) pada 23 September 2020 lalu.

Dalam Perpres itu, Jokowi berwenang untuk menambah dua jabatan wakil menteri (Wamen) di Kabinet Indonesia Maju. Pos baru tersebut ialah Wakil Menteri Ketenagakerjaan dan Wakil Menteri Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah.

Dua aturan itu tertuang dalam Perpres Nomor 95 Tahun 2020 tentang Kementerian Ketenagakerjaan, dan Perpres Nomor 96 Tahun 2020 tentang Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.

Dalam Bab I Pasal 2 terdapat sejumlah poin yang mengatur tentang pos baru Wakil Menteri. Ayat 1 berbunyi, Dalam memimpin Kementerian Ketenagakerjaan, Menteri dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukan Presiden.

Ayat 2 disebutkan, Wakil Menteri diangkat dan diberhentikan oleh Presiden. Ayat 3 berbunyi, Wakil Menteri berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri.

BACA JUGA: Umumkan Kabinet Indonesia Maju, Ini Nama-nama Menteri Jokowi-Ma’ruf

Sementara itu, Perpres Nomor 96 Tahun 2020 tentang Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah juga mengatur tentang pengangkatan pos Wakil Menteri oleh Presiden. Aturan itu tercantum dalam Bab I Pasal 2. Bunyinya hampir sama dengan Perpres Nomor 95 di atas.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno membenarkan adanya Perpres tersebut. Namun, ia menekankan Presiden Jokowi belum menunjuk orang untuk mengisi dua pos baru itu.

“Dalam Perpres Kelembagaan beberapa kementerian, memang ada jabatan Wakil Menteri. Tetapi pengangkatan Wakil Menteri oleh Presiden melalui Keppres,” kata Pratikno dalam keterangan yang diterima, Minggu (4/10). Dia mengatakan, sejauh ini presiden baru melantik 12 Wakil Menteri pada Oktober 2019 yang lalu.

Oleh karena itu, Pratikno menegaskan sampai hari ini tidak ada Rancangan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pengangkatan wakil menteri terkait dua Perpres yang baru ini. (tan/jpnn)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top