Bahas Kampanye Tatap Muka dan Debat Kandidat, KPU Undang Paslon | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bahas Kampanye Tatap Muka dan Debat Kandidat, KPU Undang Paslon


Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

POLITIK

Bahas Kampanye Tatap Muka dan Debat Kandidat, KPU Undang Paslon


Bawaslu Ingatkan Paslon Daftar Akun Medsos yang Dipakai untuk Kampanye

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) kembali mengundang tim pemenang masing-masing pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati TTU untuk menggelar rapat kordinasi terkait pelaksanaan metode kampanye tatap muka Pilkada serentak 2020 yang akan dilaksanakan pekan depan.

Rapat koordinasi yang dijadwalkan berlangsung Senin (5/10) itu akan membahas tentang jadwal pelaksanaan metode kampanye tatap muka sekaligus materi kampanye yang akan disampaikan masing-masing paslon bersama tim kepada masyarakat.

“Senin (5/10) kita akan rapat bersama tim dari masing-masing paslon untuk membahas terkait pelaksanaan metode kampanye tatap muka sekaligus materi yang akan disampaikan saat kampanye,” kata Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka kepada Timor Express melalui sambungan telepon seluler, Minggu (4/10).

Paulinus menambahkan, selain metode kampanye tatap muka, KPU juga akan menyiapkan metode debat kandidat bagi paslon.

Untuk itu, lanjut Paulinus, setiap paslon Bupati dan Wakil Bupati TTU wajib menyiapkan materi seputaran visi-misi dan program kerja untuk lima tahun ke depan yang menjadi materi debat kandidat nantinya.

“Ada metode kampanye terbatas, kampanye tatap muka dan debat kandidat yang akan digunakan masing-masing paslon untuk menyimpaikan visi-misi serta program kerja kepada masyarakat,” ungkap Paulinus.

Menurut Paulinus, pelaksanaan semua metode kampanye yang akan digunakan tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya mencegahan terhadap munculnya kasus baru Covid-19 klaster Pilkada.

Untuk itu, Paulinus mengajak masing-masing paslon bersama tim wajib mengenakan masker dan menyiapkan tempat cuci tangan di lokasi kampanye sehingga setiap masyarakat mengikuti kampanye wajib mencuci tangan dan memakai masker.

“Kampanye tatap muka juga akan kita batasi pesertanya dengan tetap memperhatikan jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan sebelum masuk ke area kampanye. Kita akan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan setiap metode kampanye,” jelasnya.

Sementara, Ketua Bawaslu TTU, Martinus Kolo mengatakan, Bawaslu TTU siap melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan setiap metode kampanye yang digunakan masing-masing paslon.

Martinus mengatakan, hasil pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan kampanye selama sepekan pertama, pihaknya menemukan penerapan protokol kesehatan masih belum maksimal.

Bawaslu TTU, kata Martinus, masih menemukan masyarakat yang tidak memakai masker, menjaga jarak maupun mencuci tangan saat hendak mengikuti kampanye paslon tertentu.

Oleh sebab itu, dirinya mengimbau kepada para paslon, tim sukses maupun masyarakat untuk sama-sama mengikuti protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus korona.

“Harus kita akui penerapan protokol kesehatan saat kampanye masih belum maksimal. Perlu peran serta paslon dan tim suksesnya untuk sama-sama memastikan masyarakat yang mengikuti kampanye benar-benar mematuhi protokol kesehatan sebelum dan selama kampanye,” kata Martinus.

Terkait kampanye melalui media during, Martinus mengatakan, meski para paslon sudah memanfaatkan media sosial untuk berkampanye, namun hingga kini belum ada paslon yang mendaftar akun media sosial resminya.

Karena itu, Martinus berharap paslon bisa mendaftarkan akun media sosial sebelum melakukan kampanye di media sosial sehingga memudahkan Bawaslu melakukan pengawasan.

“Ini untuk mengantisipasi adanya pelanggaran kampanye di media sosial dengan menyebarkan berita hoax, isu sara, dan kampanye hitam,” katanya. “Kita akan bangun koordinasi dengan para paslon terkait pendaftaran akun media sosial secara resmi ke KPU dengan tembusan ke Bawaslu sebelum melakukan kampanye di media sosial. Tahapan kampanye melalui media sosial sendiri sudah dimulai sejak 26 September hingga 5 Desember mendatang,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top