Pjs Bupati Belu Pesan 3 Hal Ini Saat Lantik Penjabat Sekda | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pjs Bupati Belu Pesan 3 Hal Ini Saat Lantik Penjabat Sekda


SUMPAH. Penjabat Sekda Belu, Frans Manafe mengangkat sumpah jabatan dalam proses pelantikan oleh Pjs Bupati, Zakarias Moruk di lantai 1 Kantor Bupati, Senin (5/10) pagi. (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Pjs Bupati Belu Pesan 3 Hal Ini Saat Lantik Penjabat Sekda


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Pejabat sementara (Pjs) Bupati Belu, Zakarias Moruk melantik dan mengambil sumpah Frans Manafe sebagai Penjabat Sekda Belu yang baru, bertempat di lantai I Kantor Bupati, Senin (5/10).

Frans yang menjabat Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Belu dilantik sebagai Penjabat Sekda menggantikan Marsel Mau Meta yang sudah berakhir masa tugasnya pada 28 September 2020.

Pjs Bupati, Belu Zakarias Moruk dalam sambutannya mengatakan, penunjukan Penjabat Sekda Belu merupakan Keputusan Gubernur NTT untuk pengisian jabatan Sekda karena sudah berakhir. Penentuan Penjabat Sekda ini merupakan kewenangan gubernur, bukan kewenangan Pjs Bupati. “Proficiat kepada Pak Frans yang sudah ditunjuk Gubernur sebagai Penjabat Sekda Belu,” katanya.

Zakarias yang juga Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) NTT meminta Penjabat Sekda untuk melaksanakan tiga hal. Pertama, membantu kepala daerah merumuskan kebijakan pembahasan APBD Perubahan dan APBD Murni 2021. Kedua, melaksanakan tugas pelayanan administrasi perkantoran dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ketiga, menyiapkan Sekda defenitif.

BACA JUGA: Gubernur VBL Ganti Penjabat Sekda Belu, Pjs Bupati Beber Alasannya

“Ada tiga hal penting yang harus dilaksanakan Penjabat Sekda. Yang paling penting adalah menyiapkan Sekda defenitif,” tegas Zakarias.

Zakarias meminta agar secepatnya menyiapkan dokumen dan ditargetkan pekan depan sudah bisa memulai proses open bidding (lelang jabatan) untuk Sekda Defenitif. “Targetnya bisa satu bulan Sekda Defenitif sudah ada lelang jabatan,” katanya.

Menurut Zakarias, proses open bidding dimudahkan karena sudah tersedia anggaran dan tim asesor. Sehingga jika persetujuan open bidding sudah ada, tinggal direkomendasikan ke Mendagri melalui Pemprov NTT. Setelah itu tinggal menunggu penetapan SK dari Mendagri.

“Jika sudah selesai tahapan open bidding, tinggal kirim nama ke Gubernur untuk diusulkan ke Mendagri guna penetapan siapa yang menjadi Sekda Defenitif,” sebutnya.

Hadir dalam pengambilan sumpah dan pelantikan, Ketua DPRD Belu, Kapolres Belu, Dandim 1605/Belu, Kajari Belu, Danki Kavaleri, Wadan Satgas Yonif RK 744/SYB dan Pimpinan Perangkat Daerah (OPD) Belu. (mg33)

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top