Puluhan Sekolah di Rote Ndao Dapat BOS Afirmasi dan Kinerja | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Puluhan Sekolah di Rote Ndao Dapat BOS Afirmasi dan Kinerja


Kadis PPO Rote Ndao, Yoseph Pandie, S.Pd saat memberi penjelasan terkait penggunaan BOS Afirmasi dan Kinerja saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (3/10). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

PENDIDIKAN

Puluhan Sekolah di Rote Ndao Dapat BOS Afirmasi dan Kinerja


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Sejumlah sekolah di Kabupaten Rote Ndao, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) mendapat dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam pandemi Covid-19. Bantuan tersebut adalah BOS Afirmasi dan BOS Kinerja yang dibantu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Sebelumnya, kedua jenis BOS itu tidak diperuntukkan bagi sekolah swasta. Tetapi kali ini untuk pertama kalinya dialokasikan kepada sekolah-sekolah swasta bertepatan dengan pandemi Covid-19.

“Terhadap sekolah penerima pun harus memenuhi kualifikasi terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), dan dengan riwayat kinerja yang baik,” ungkap Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO), Kabupaten Rote Ndao, Yoseph Pandie, S.Pd, kepada Timor Express saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (3/10).

Menurut Yoseph, BOS Afirmasi tahun 2020 merupakan program pemerintah pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar hingga menengah yang berada di daerah hhusus. Sedangkan BOS Kinerja dialokasikan kepada sekolah yang memiliki kinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan di daerah, dan ditetapkan oleh Kemendikbud.

Dikatakan, BOS Afirmasi dan Kinerja diberikan sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk memastikan kecukupan kebutuhan kepada sekolah negeri maupun swasta. Dimana dalam pengalokasianya, diprioritaskan untuk sekolah di daerah terpencil dengan kemampuan keuangan yang minim.

Yoseph menyebutkan, kedua dana bantuan ini dikucurkan berdasarkan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2020, yang mana dalam pemanfaatanya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah, layaknya BOS regular pada umumnya. “Jadi ini untuk membantu kegiatan sekolah-sekolah yang belum terpenuhi,” jelas Yoseph.

Setiap sekolah, lanjut Yoseph, menerima BOS Afirmasi dan Kinerja dengan nilai yang sama, yakni sebesar Rp 60 juta. Teknis penyalurannya tidak sekaligus dua bantuan tersebut diberi ke satu sekolah penerima.

“Jadi kalau sekolah sudah terima BOS Afirmasi, tidak lagi menerima BOS Kinerja. Begitu pun sebaliknya. Tetapi dalam penggunaan kedua bantuan tersebut sama-sama dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah,” kata Yoseph.

Berdasarkan data yang dihimpun Timor Express, dari 198 SD dan SMP di Kabupaten Rote Ndao, sebanyak 73 SD, yang didalamnya terdapat 10 Satap SD-SMP, dan 29 SMP menerima BOS Afirmasi dan Kinerja. Jika diakumulasi, nilai bantuan yang diterima mencapai Rp 5 miliar lebih.

BACA JUGA: Nadiem: Sekolah Swasta Dapat Dana BOS Afirmasi dan Kinerja

Dari jumlah itu, terdapat 11 sekolah swasta yang sebelumnya tidak pernah menerima bantuan tersebut. Rinciannya 9 SD, dan 2 SMP. Yakni, SD GMIT Oelu, Oekupi, Kakaek, Karafao, Maku, Noandale, Oebela, Oemaulain, dan Tefila. Sementara pada jenjang SMP adalah, SMP Tongkat Harun dan SMP Khatolik Mother Ignacia.

Mekanisme penyaluranya ditransfer langsung ke rekening setiap sekolah oleh Kemendikbud. Selanjutnya dalam perencanaanya, sekolah menyusun Rencana Anggaran Kas Sekolah (RAKS) yang kemudian membelanjakan sendiri sesuai kebutuhan sekolah.

“Semuanya diatur oleh masing-masing sekolah. Pihak dinas hanya menyampaikan petunjuk pelaksanaan sesuai ketentuan perundang-undangan,” kata Yoseph.

Terpisah, Kepala SMP Negeri Satu Atap (Satap) Panamamen, Kecamatan Rote Tengah, Jefritson Saefatu, S.Pd, yang dikonfirmasi Timor Express, Minggu (4/10) mengakui adanya bantuan yang diterima sekolahnya.

Jefritson mengaku sekolahnya menerima BOS Kinerja senilai Rp 60 juta. Dana ini digunakan untuk membelanjkan kebutuhan sekolah yang belum dijangkau BOS reguler.

“Iya kami dapat BOS Kinerja. Bantuan itu kami gunakan untuk beli laptop, gorden, serta kebutuhan sekolah lainnya,” kata Jefritson.

Sedangkan untuk kebutuhan dalam penanggulangan Covid-19 di sekolahnya, Jefritson mengatakan, sudah ditanggulangi dari BOS reguler. Dimana sejumlah kebutuhan mulai masker, cairan disinfektan, serta peralatanya lainnya, dibelanjakan terlebih dahulu sebelum menerima BOS Kinerja.

Selain SD dan SMP, BOS Afirmasi dan Kinerja juga diterima SMA. Dimana khusus di Kabupaten Rote Ndao, setidaknya terdapat 18 SMA. Enam diantaranya merupakan SMA/K swasta, yaitu SMK Kristen Siloam Ba’a, SMA Kristen Indonesia Sejahtera, SMA Kristen Ita Esa, SMA Kristen Arastamar Ndao Nuse, SMK Lembang, dan SMK Kencana Sakti. (mg32)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top